Semua makhluk hidup di bumi membutuhkan salah satu sumber kehidupan. Ialah air, tidak peduli manusia, hewan, dan tumbuhan semua membutuhkan air.

Bisa dikatakan air merupakan kunci kehidupan. Tanpa adanya air maka tidak ada kehidupan di muka bumi ini.

Hari Air diperingati setiap tanggal 22 Maret sebagai apresiasi terhadap betapa pentingnya air bagi kehidupan. Namun dalam beberapa dekade terakhir, terdapat beberapa peristiwa yang akan dilihat dalam fakta fakta berikut ini.

💦 Fakta Peringatan Hari Air Sedunia 💦

Adapun tujuh fakta yang disampaikan lewat situs resmi World Water Day itu, di antaranya sebagai berikut:

  1. Kesulitan air bersih
    Hari ini, sekitar 1,9 miliar orang masih hidup di area sulit air. Diperkirakan pada 2050, angka ini terus meningkat sekitar 3 miliar orang. 
  2. Kebutuhan air meningkat 
    Pada 2050, populasi dunia akan bertumbuh 2 miliar orang dan kebutuhan akan air meningkat 30 persen dibanding hari ini. 
  3. Penggunaan air terbesar untuk pertanian
    Pertanian membutuhkan pasokan air dunia paling besar sekitar 70 persen, kebanyakan untuk irigasi, sementara industri 20 persen yang didominasi energi dan manufacturing, serta 10 persen sisanya untuk rumah tangga, dan proporsi 1 persen untuk minum sehari-hari. 
  4. Sumber air tak bersih 
    Diperkirakan 1,8 miliar orang masih menggunakan sumber air tak bersih atau tanpa perlindungan dari kontaminasi sisa buangan sebagai air minum. 
  5. Air buangan tak digunakan kembali
    Secara global, lebih dari 80 persen air buangan sisa pakai sehari hari kembali lagi ke lingkungan sekitar tanpa pengolahan ulang atau pemanfaatan kembali. 
  6. Risiko banjir 
    Jumlah orang yang berpotensi kena risiko banjir meningkat dari 1,2 miliar orang hari ini ke 1,6 miliar orang di 2050, atau mendekati 20 persen populasi. 
  7. Degradasi tanah
    Sekitar 1,8 miliar orang terkena dampak dari degradasi tanah, dan 64-71 persen area menampung air berkurang sejak 1900 akibat aktivitas manusia. 

Dengan berbagai fakta mengkhawatirkan tersebut, PBB mengajak publik untuk sama-sama peduli dengan alam, dan melakukan berbagai upaya pencegahan seperti pembangunan dam, konservasi pertanian, dan pembangunan kota ramah air atau sponge cities. 

Yuk, sebelum terlambat. Marilah kita untuk menyayangi air, menghemat air, dan menjaga lingkungan

Selamat Hari Air Sedunia💦💦💦💦💦💦💦💦

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration