logo sift

timeline

Muqodimah

Alhamdulillah, Segala puji hanya untuk Allah Rabb semesta alam, shalawat dan salam semoga tetap tercurah pada Nabiyullah Muhammad saw beserta sahabat, tabi’in, tabi’ut tabi’in. Dakwah adalah seruan kepada kebaikan, kewajiban setiap Muslim tak terkecuali untuk mahasiswa. Lembaga Dakwah Kampus Universitas Sebelas Maret (LDK UNS) merupakan salah satu lembaga yang bergerak dalam bidang Dakwah Kampus. LDK UNS terdiri dari beberapa lembaga dakwah yang tersebar di beberapa fakultas UNS. Memiliki sebuah Sentral Lembaga Dakwah yang kemudian disebut Jama’ah Nurul Huda Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (JN UKMI UNS).

Adapun Sebelas Maret Islamic Festival (SIFT) merupakan agenda akbar dimana agenda-agenda bertaraf Nasional dan Regional tumpah ruah di dalamnya. Beribu informasi, pendidikan, wawasan, pengalaman, dan kompetisi dalam beberapa bidang studi islami menghiasi setiap agenda yang tersaji di dalamnya, menjadi nilai lebih yang sangat sayang untuk dilewatkan. Serangkaian Agenda-Agenda Besar tersebut merupakan usungan dari beberapa LDF UNS yang dilaksanakan secara berkala dalam kurun waktu tiga bulan. Dengan maksud menyemarakkan kampus UNS dengan suasana syiar islami dan sebagai sarana motivasi ibadah bagi civitas akademika muslim UNS, serta mahasiswa-mahasiswa muslim baik dari dalam maupun luar UNS.

 

Tujuan

Adapun tujuan dari diadakannya Sebelas Maret Islamic Festival (SIFT) tidak lain adalah untuk menciptakan lingkungan kampus yang bernuansa Islami serta menumbuhkan jiwa yang peduli dengan sesama, dan memperkuat ukhuwah Islamiyah di kalangan mahasiswa. SIFT juga berperan sebagai mediator yang mampu mengoptimalkan fungsi syiar Islam di kampus UNS dan sekitarnya, menjembatani serta membingkai kampus UNS dalam satu frame dan satu tujuan, yakni terciptanya kampus madani dan Pemuda yang Berakhlakul Karimah.

 

Landasan

Dan hendaklah ada golongan umat yang menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah yang mungkar dan mereka itulah yang beruntung”

(QS. Ali Imron 104)

“Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujianterhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamuKami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,”

(Q.S. AL-Maa’idah :48)

 

Target

2000 Mahasiswa Muslim Universitas Sebelas Maret, Masyarakat Umum Surakarta, Peserta LDK dari luar kampus UNS

 

Agenda

  1. Grand Opening Sebelas Maret Islamic Festival 1437 H & Tabligh Akbar
  2. Seminar Nasional Pendidikan The Art of Teaching (TAT)
  3. Seminar Nasional Teknologi Sains dan Islam SINTESA
  4. Seminar Nasional Agriculture Islamic Festival
  5. Seminar Nasional Islami Metamorphosa 7
  6. Metamorphosa Competition (Islamic Essay, Educational Video, Public Poster)
  7. OCEAN (Lomba Esai dan Desain Poster)
  8. Lomba Karya Tulis Ilmiah Al Quran
  9. Lomba Foto Cerita
  10. Seminar Nasional SIMFONI
  11. KNRP Road to Campus & Grand Closing Sebelas Maret Islamic Festival 1437 H

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration