“Kita tidak akan pernah menjadi pelaut yang handal sebelum melewati ombak dan badai. #funtastic14 JN UKMI UNS”

  

1. Sekretaris Umum

Sekretaris umum adalah bidang yang mengurusi tentang proposal kegiatan dengan pihak kemahasiswaan, surat-menyurat, dan pengelolaan inventaris JN UKMI UNS. Juga yang mengurusi rapat-rapat formal dan mengelola perpustakan JN UKMI di NHIC (Nurul Huda Islamic Center) dan Grha UKM lantai 3. Bidang SEKUM atau Sekretaris Umum inilah bidang yang mengurusi administrasi dan kesekretariatan JN UKMI UNS, sekaligus menjadi satu-satunya bidang tanpa departemen.

 

2. Bendahara Umum

Sesuai dengan namanya, bidang bendarahara umum (BENDUM) adalah bidang yang mengawal dan mengelola keuangan JN UKMI, baik SPJ, LPJ, serta masuk keluarnya uang di JN UKMI. Tagline “mandiri” diawali dari bidang ini. Untuk itulah, BENDUM membawahi dua departemen, yaitu :

  1. Dept. Administrasi Keuangan : SPJ, LPJ, dan pengelolaan keuangan adalah spesialisasi departemen ini.
  2. Departemen Dana Usaha : Pengelola ekonomi mandiri fundrising di berbagai usaha JN UKMI yang diwadahi oleh J-Corp.

 

3. Bidang Pembinaan

Sering disingkat BP (Bidang Pembinaan). Bertugas untuk merekrut, menjaga, mengaryakan, dan mengorganisasi SDM di JN UKMI. Untuk itu, BP membawahi dua departemen :

  1. Dept. Pembinaan Pengurus : membina dan mengaryakan pengurus, serta memanajemen SDM lembaga.
  2. Dept. Kaderisasi : merekrut dan menjaga kader-kader dakwah di UNS secara umum.

 

4. Bidang Dakwah:

Bertanggungjawab atas fungsi syiar keislaman, baik di dalam dan di luar kampus UNS. Kantin NH (Kajian Rutin Nurulhuda), SIFT (Sebelas Maret Islamic Festival), RDK (Ramadhan di Kampus) UNS adalah garapan bidang ini untuk memperluas syiar Islam. Departemennya? Ada dua juga.

  1. Dept. Dakwah Masyarakat : mengurusi TPA, dusun binaan JN UKMI, dan training bagi pelajar SMP/SMA se-Soloraya.
  2. Dept. Dakwah Kampus : mengurusi Kantin NH, SIFT, RDK, dan agenda dakwah yang berada di lingkungan kampus.

 

5. Bidang Komunikasi dan Informasi:

Bidang yang menjadi perantara syiar keislaman JN UKMI dengan berbagai media, baik cetak maupun online, di luar dan di dalam kampus. Bidang ini juga lho yang memproduksi dan menjadi asesor desain dan tulisan JN UKMI di media, sekaligus manager dari berbagai akun media JN UKMI agar lebih dekat dan bermanfaat. Membawahi dua departemen juga nih.

  1. Departemen Syiar Media : mengurusi syiar melalui desain, tulisan, video, siaran radio, dan pelatihan kemediaan bagi aktivis dakwah di UNS.
  2. Departemen Humas : berperan sebagai juru bicara JN UKMI di media, mengurusi berbagai pers rilis terkait agenda JN UKMI, reportase, pengelolaan sosial media, serta pengelola isu-isu yang sedang in

 

6. Bidang Jaringan

Inilah bidang yang menjadi penghubung JN UKMI dengan lembaga lain, di luar dan di dalam kampus UNS. Fungsinya untuk memperluas, menjaga, dan memperkuat jaringan dan relasi. Mempunyai dua departemen, yaitu :

  1. Dept. Jaringan Internal (DJI) : penghubung JN UKMI dengan pihak birokrat kampus, UKM, dan LDF (lembaga dakwah/rohis fakultas).
  2. Dept. Jaringan Eksternal (DJE) : menghubungkan relasi dengan lebih luas, seperti komunitas, perusahaan, donatur, dan pihak di luar kampus lainnya.

 

7. Bidang Nisaa’ 

Ini bidang khusus untuk mahasiswa putri. Fokus utama dari bidang ini adalah pembinaan, syiar, dan jaringan kemuslimahan. Yang spesial dari bidang ini adalah Kamus (Kajian Muslimah) yang rutin diadakan setiap hari Kamis di Masjid Nurulhuda lantai 2 setelah Ashar. Ada juga Gema Muslimah dan IHSD (International Hijab Solidarity Day). Ada dua departemen juga lho.

  1. Dept. Syiar dan Jaringan Muslimah : sesuai namanya, mengelola syiar dan jaringan muslimah.
  2. Dept. Pembinaan Muslimah : mirip seperti kaderisasi dan pengaryaan, terkhusus untuk muslimah.

 

Lembaga Semi Otonom

1. Biro Asistensi Agama Islam UNS

2. Puskomda Solo Raya

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration