Kategori: Wejangan Grafis

Harta yang kita miliki, sejatinya bukanlah hanya milik kita pribadi. Ada hak untuk kita sedekahkan, ada hak untuk kita berikan kepada saudara-saudara yang membutuhkan. Sangat penting bagi kita untuk memperoleh keberkahan dalam rezeki yang dikaruniakan oleh Allah SWT. Kekayaan sebanyak apapun yang kita miliki, tidak akan bermakna apa-apa tanpa adanya keberkahan dari sisi Allah SWT. Dengan adanya keberkahan, harta dan rezeki yang sedikit akan memberi kecukupan bagi pemiliknya. Dengan adanya keberkahan, harta dan rezeki yang banyak pun tidak akan memberi kita rasa was-was karena takut kehilangan ataupun berkurang.

 Agar rezeki yang Allah SWT berikan kepada kita menjadi berkah, Rasululloh SAW menganjurkan kepada ummatnya untuk memperbanyak sedekah. Kata Rasulullah SAW, “Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah.” Sementara dalam hadist lain disebutkan, Rasululloh SAW bersabda,  “Tidak akan dikurangi harta dengan sebab bersedekah, Allah tidak menambah kemampunan seseorang hamba melainkan seseorang itu ditambahkan dengan kemuliaan. Tidaklah seseorang itu merendah diri kerana mengharapkan keridhoan Allah melainkan akan diangkatkan darjatnya.” H.R. Muslim

Sedekah walaupun kecil tetapi amat  berharga di sisi Allah SWT. Orang yang bakhil dan kikir dengan tidak menyedekahkan sebagian hartanya akan merugi di dunia dan akhirat karena tidak ada keberkahan. Jadi, sejatinya orang yang bersedekah adalah untuk kepentingan dirinya sendiri. Sebab, menginfakkan (membelanjakan) harta kita di jalan Allah adalah satu bentuk keberkahan yang nantinya akan mendatangkan berlipat-lipat keberkahan lainnya.

Maka diantara keutamaan sedekah di jalan Allah SWT ini adalah :

1. Sedekah tidak mengurangi rezeki

Mungkin kita akan berfikir bahwa harta yang kita keluarkan untuk sedekah berarti pengurangan harta yang ada di tangan kita. Tetapi, pada kenyataannya Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa harta seseorang tidak akan berkurang karena disedekahkan: “Ada tiga perkara yang saya bersumpah atasnya dan saya memberitahukan kepadamu semua akan suatu hadits, maka peliharalah itu,’Tidaklah harta seseorang itu akan menjadi berkurang sebab disedekahkan, tidaklah seseorang hamba dianiaya dengan suatu penganiayaan dan ia bersabar dalam menderitanya, melainkan Allah menambahkan kemuliaan padanya, juga tidaklah seseorang hamba itu membuka pintu permintaan, melainkan Allah membuka untuknya pintu kemiskinan.’” (H.R. Tirmidzi, dari Abu Kabsyah, yaitu Umar bin Sa’ad al-Anmari r.a.)

2.   Sedekah membuka pintu rezeki

Ada satu kisah pada zaman Nabi SAW yang mana seseorang yang banyak hutang berdiam di masjid di saat orang-orang bekerja. Ketika ditanya oleh Nabi SAW, orang tersebut menjawab bahwa ia sedang banyak hutang. Yang menarik adalah Nabi SAW mengajarkan beliau sebuah doa, yang mana doa tersebut tidak menyebut sama sekali “Bukakanlah pintu rezeki” atau “Perbanyaklah rezeki saya sehingga bisa membayar hutang.”

 3.  Sedekah melipatgandakan rezeki

Bukan saja sedekah membuka pintu rezeki seseorang, tetapi bahkan bersedekah juga melipat-gandakan rezeki yang ada pada kita. Janji Allah SWT dalam Al-Qur’an bahwa Allah akan melipat-gandakan sedekah kita menjadi 700x lipat. “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Q.S. Al-Baqarah 2:261)

 4.  Sedekah Menjauhkan diri kita dari api neraka

Rasulullah SAW bersabda: “Jauhkan dirimu dari api neraka, walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma.” (Mutafaqalaih) Allah SWT juga berfirman bahwa salah satu ciri dari orang yang bertaqwa yang akan masuk surga adalah orang yang bersedekah di waktu lapang maupun sempit.

 5.  Sedekah mengobati orang sakit

Rasulullah SAW bersabda, “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (H.R. Ath-Thabrani).

 6.  Quality lebih baik daripada Quantity

Bersedekah 1000 rupiah bisa jadi lebih baik dari pada bersedekah seratus ribu rupiah. Jika seseorang hanya memiliki dua puluh ribu kemudian disedekahkannya sepuluh ribu, maka sedekah tersebut adalah lebih baik dari pada sedekah dari seseorang Billioner, tetapi hanya mensedekahkan lima puluh ribu. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Satu dirham memacu dan mendahului seratus ribu dirham.” Para sahabat bertanya, “Bagaimana itu?” Nabi SAW menjawab, “Seorang memiliki (hanya) dua dirham. Dia mengambil satu dirham dan bersedekah dengannya, dan seorang lagi memiliki harta benda yang banyak, dia mengambil seratus ribu dirham untuk disedekahkannya. (H.R. An-Nasaa’i).

Itulah beberapa keutamaan sedekah. Mari kita sebisa mungkin untuk sedekah, walaupun hanya dengan separuh biji kurma. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW : Dari Adi bin Hatim, Rasul SAW. Bersabda :“Peliharalah dirimu dari siksa neraka, sekalipun hanya dengan sedekah separoh biji kurma” (HR Bukhari-Muslim).

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration