Kategori: Wejangan Grafis

Bismillah..

Ngaku laki-laki sejati tapi berat untuk melangkahkan kaki ke masjid? Ngaku pinter, kaya, tajir, dan penguasa, tapi buat ke masjid saja masih enggan karena dunia?

Simak kisah dari salah seorang buta di masa Rasulullah yang meminta keringanan untuk menunaikan sholat di rumahnya.

Seorang buta pernah menemui Nabishallallahu ‘alaihi wasallam dan berujar, “Wahai Rasulullah, saya tidakmemiliki seseorang yang akan menuntunku ke masjid.” Lalu dia meminta keringanankepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam untuk shalat di rumah, makabeliaupun memberikan keringanan kepadanya. Ketika orang itu beranjak pulang,beliau kembali bertanya, “Apakah engkau mendengar panggilan shalat (adzan)?”laki-laki itu menjawab, “Ya.” Beliau bersabda, “Penuhilah seruan tersebut(hadiri jamaah shalat).”

Masya Allah, jikaseorang buta saja tetap rasul perintahkan kepadanya untuk sholat berjamaah dimasjid, apalagi kita yang sehat tanpa kekurangan apapun. Maka sungguh kitalebih berkewajiban untuk memenuhi panggilan adzan dan kemudian rukuk bersamadengan orang-orang yang rukuk.

“Dandirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yangrukuk.”
(Al-Baqarah: 43)

Memang masih ada perbedaanantara ulama tentang hukum sholat berjamaah di masjid. Ada yang mengatakanfardhu `ain, sehingga orang yang tidak ikut shalat berjamaah berdosa. Ada yangmengatakan fardhu kifayah sehingga bila sudah ada shalat jamaah, gugurlahkewajiban orang lain untuk harus shalat berjamaah. Dan ada juga yang mengatakanhukumnya sunnah muakkadah. Namun sngguh rugi jika kita meninggalkannya(khususnya kaum lelaki), karena banyak keutamaan di dalamnya. Diantaranya yangkita semua sudah tahu bahwa pahala dan kebaikan yang akan kita dapat saat kitasholat berjamaah di masjid adalah 27 kali dibanding saat kita sholat sendiri.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Shalat jama’ah lebih utamadaripada shalat sendirian sebanyak 27 derajat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kemudian Rasul jugapernah mengancam laki-laki yang tidak memenuhi panggilan adzan untuk segeramenunaikan sholat berjamaah di masjid dengan membakar rumah-rumah mereka.

“DemiDzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh aku ingin menyuruh untukmengumpulkan kayu bakar lalu aku perintah untuk menegakkan shalat dan adzan,dan aku perintah seseorang untuk menjadi imam, kemudian aku keluar mendatangimereka (kaum laki-laki yang tidak menghadiri shalat berjamaah) lalu aku bakarrumah-rumah mereka beserta penghuninya.” (HR.Bukhari)

Jadi jika seorang butasaja rasul tetap perintahkan ke masjid untuk sholat berjamaah , kemudian Allahmenjanjikan balasan yang berlipat-lipat bagi siapa yang melaksanakan sholatberjamaah di masjid dan rasul mengancam dengan ancaman serius bagi siapa yangmeninggalkannya, maka apa yang harus kita lakukan jika seruan adzan ituterdengar oleh kita? Jawabnya, jika kamu laki-laki maka sholat berjamaahlah dimasjid. Real man goes to masjid! []

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration