Kategori: Wejangan Grafis

Saat bangun dari tidur, yang pertama kali kamu lihat? Qur’anmu ataukah sms atau notifikasi lain?

Saat lupa membawa hapemu, kamu begitu terburu-buru pulang. Saat Qur’anmu yang tertinggal, apa yang kamu lakukan?

Saat hapemu yang hilang, kamu langsung histeris dan kalang kabut. Saat Qur’anmu yang hilang?

Sadar atau tidak, nyaris setiap saat kita melirik handphone kita untuk mengecek notifikasi atau sekedar bermain dengan gadget kita yang katanya canggih itu. Sepanjang mata memandang, entah di bus, di ruang tunggu, di kantin, bahkan di masjid, seringkali terlihat beberapa dari kita asik menunduk, sibuk sendiri dengan gadget-nya. Pernahkah terpikir untuk sehari saja kita tukar handphone kita yang selalu berdering karena berbagai notifikasi itu dengan mushaf Al-Qura’n yang sudah mulai berdebu? Pasti kalau disuruh memilih, si gadget yang menang ya?

Kita tak ubahnya seperti makhluk amfibi yang hidup di dua dunia. Yang fana jauh terlihat lebih “nyata” dibanding yang sudah jelas nyata. Yang nyata terlihat maya, tidak menyenangkan, sementara masalah ada di mana-mana. Sedangkan di “dunia maya” beragam kesenangan tersedia, seperti game yang bikin ketagihan, chatting, streaming, dll.

Yang fana terlihat nyata, yang semestinya nyata terlihat fana. Lebih terpaku pada layar gadget, hingga rasanya di sana-sini tidak ada –asik dengan “dunia maya”-nya. Kita tahu anak yang mengalami autisme tidak bisa diajak berpikir bersama atau bicara serius. Asik dengan dunianya. Tak mengerti dunia luar, dunia luar pun sulit masuk dan berinteraksi –samakah kita dengan pengidap autisme?

Berbagai kemudahan yang didapat dari internet dan gadget membuat kita sangat terlena. Keasikan ngenet dan buka sosmed bikin lupa waktu. Mulai menunda shalat, menunda baca Qur’an, menunda belajar. Kita memang terlalu dibuai dengan kesenangan dan kemudahan, lupa untuk mengingat Yang Memberi napas. Kejadian ini sangat sering dan mudah terbaca di keseharian kita saat ini. Dari anak muda hingga orang dewasa, sebagai dampak dari kemajuan teknologi.

Eittss sebentar…. Meski begitu, bukan berarti gadget ini buruk loh ya! Jika kita berniat untuk mencari ridho Allah SWT. maka bisa dong kita pakai gadget ini untuk mendapatkan ridho Allah, tergantung bagaimana kita memakainya ya. Tujuan akhir kita tentu akhirat. Kenapa sih kita menjadikan akhirat tujuan akhir? Bagaimana dengan dunia? Apakah kita tidak boleh menikmati dunia? Apalagi gadget kita yang canggih itu?

Hal ini tertuang di Al-Qur’an surat Hud ayat 15-16:

Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan”.

Juga QS. Al-Isra’ ayat 18:

“Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa yang kami kehendaki bagi orang yang kami kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka jahannam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir”.

Nah, dengan syarat ini, mulai sekarang jika mau melakukan sesuatu jangan lupa niatnya karena Allah SWT., dilakukan dengan cara yg disukai-Nya, dan tujuannya ingin mendapat ridho Allah Ta’ala semata. Terus gadget-nya gimana? Nah, sekarang kan sudah ada banyak aplikasi Al-Qur’an, hadist, dan semua yang bisa mendekatkan kita pada-Nya.

Be wise and different! Manfaatkan gadget-mu untuk kebaikan! Boleh sering-sering menatap layar gadget kita, tetapi jangan kalah sering untuk membaca Qur’an kita. Pakailah gadget-gadget keren tersebut dengan bijak, yang berarti tidak menjadi autis terhadap sekeliling, tidak merusak ukhuwah, tidak merusak ibadah, juga tidak membuat lupa bahwa masih ada kehidupan yang jauh lebih menyenangkan daripada “dunia maya” penuh nikmat itu. Dan…jangan lupa selalu utamakan Qur’anmu daripada gadget-mu ya![]

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration