Kategori: Wejangan Grafis

Rasulullah SAW. bersabda tentang keutamaan wanita sholihah yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Amr bin ‘Ash:

“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholihah.” (HR. Muslim)

Sholih, secara etimologi, adalah bagus atau baik. Selain bagus atau baik, shalih juga diikuti dengan kedalaman seseorang dalam memahami ibadah yang ia kerjakan.

Suatu hari Khalifah Umar Radhiyallahu ‘Anhu diberitahu tentang seseorang yang amalan lahiriyahnya sangat mengagumkan. Ia berkata : Alangkah sholeh orang itu, wudhu’nya sempurna dan sholatnya sedemikian khusuk. Mendengar itu Umar bertanya : Apakah engkau tinggal /hidup bersama dengan dia? Orang itu menjawab : Tidak! Umar bertanya lagi: apakah engkau pernah menguji dengan harta? Orang itu berkata: Tidak pernah? Lalu berkata: betapakah engkau mengatakan sesuatu bahwa dia orang sholeh padahal engkau tidak hidup bersamanya dan bermuamalah dengannya?

Begitu pun dengan keshalihah yang ada pada diri seorang muslimah. Salah satu tanda bagus atau baiknya iman dan Islam seorang muslimah adalah akhlaknya. Disebutkan dalam QS. An-Nisaa’ ayat 34,“Maka wanita yang sholihah ialah yang taat kepada  Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara mereka…”. Salah satu tandanya adalah taatnya seorang muslimah kepada perintah Allah SWT.. Dan tahu  kan apa perintah Allah SWT., khususnya kepada para wanita muslimah?

“Hai Nabi, katakanlah pada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin,’Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Azhab:59)

Perintah menutup aurat ini datang langsung dari Allah SWT., bukan dari seorang ustadz, ayah, maupun Rasulullah lho. Sayangnya, sekarang ini banyak yang enggan menutup auratnya sesuai dengan ajaran Islam disebabkan karena takut terlihat tidak cantik, tidak gaul, tidak modis, atau bahkan takut dianggap sebagai seorang teroris. Astaghfirullah…. Semoga kita dan orang-orang di sekeliling kita tidak termasuk di antaranya.

Perintah berjilbab bertujuan untuk memelihara diri dan kehormatan seorang muslimah. Sebab pada dasarnya semua yang ada pada diri seorang perempuan adalah menarik, utamanya bagi kaum adam. Dan seorang muslimah hendaknya menyadari bahwa kecantikannya bisa mendatangkan keburukan baginya bila ia tak menjaga harga diri serta kehormatannya. Seberapa banyak perempuan cantik dan menarik, namun kecantikannya itu tidak diikuti dengan keimanan dan penjagaan diri atas amanah Allah SWT. terhadap fisiknya yang lantas membuat mereka justru menjadi hina?

Dalam sebuah keluarga, memiliki seorang muslimah shalihah adalah sebuah berkah tiada dua. Sebab perkataannya akan menentramkan, pandangannya terjaga, lisannya tidak menyakiti, dan menjaga diri ketika ditinggal pergi suami. Oleh karenany, sudah sepantasnya seorang muslimah selalu berusaha memperbaiki diri dan akhlaknya di setiap kesempatan.

Hal yang tidak dapat dipisahkan dari keimanan adalah rasa malu. Dan sayangnya saat ini banyak perempuan yang sudah lupa akan rasa malunya karena anggapan sederajat dengan laki-laki adalah yang utama. Hingga ia tak malu lagi mengumbar auratnya agar bisa dilirik orang-orang di sekelilingnya, mengayunkan suaranya saat berbicara, senang dijadikan komoditi sebagai bintang iklan karena bayaran dan timbal balik menjadi terkenal. Naudzubillahi min dzalik.

Rasa malunya ini membawa seorang muslimah untuk taat kepada Allah SWT., Rasul-Nya,  dan kedua orangtuanya. Ia merasa malu kepada Allah SWT. bila jilbabnya yang mengulur menutup dada itu masih diikuti dengan akhlaknya yang masih buruk. Ia malu jika fisiknya yang sudah tertutup tidak diimbangi dengan baktinya kepada orangtua. Dan ia akan merasa malu jika ada yang mendapatinya tidak sholat padahal ia adalah seorang muslimah.

Karena itulah, ingatkan muslimah di sekeliling kita untuk selalu menjaga maruah dirinya, baik itu ibu, saudara, istri, maupun teman kita. Tentu ingin kan agar setiap perhiasan yang kita miliki itu selalu nampak indah, terjaga, dan aman dari pencurian? Nah, apalagi jika itu perhiasan yang kadarnya melebihi keindahan dunia? Semoga Allah SWT. selalu menjaga kita, insya Allah.

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration