Kategori: Wejangan Grafis

Ada seorang Bos mempunyai3 orang karyawan. Bos itu akan pergi ke luar negeri, mungkin akan membukabisnis baru di sana. Dipanggillah karyawan pertama. Karyawan pertama iniseorang yang cerdas, rajin, dan jujur. Diberilah dia 5 talenta emas (1 talenta= +- 30kg). Kemudian dipanggilah karyawan yang kedua. Karyawan yang kedua inirajin, jujur, namun tidak begitu pintar. Diberilah karyawan kedua ini 2 talentaemas. Setelah itu, dipanggilah karyawan yang ketiga. Karyawan yang ketigasebenarnya cukup pintar, namun pemalas dan kurang jujur. Diberilah karyawanketiga ini 1 talenta emas.

Kepada karyawan-karyawanitu, si Bos itu berpesan:

“Kalian aku beri modal untuk usaha. Kembangkanlahmodal ini. Nanti kalau aku balik aku akan meminta pertanggungjawaban atas modalitu.”

Setelah si Bos pergi,karyawan pertama segera membuka usaha baru dengan modal tersebut. Usahatersebut berjalan lancar. Setelah sekian lama, akhirnya modal tersebut dari 5talenta emas menjadi 10 talenta emas. Karyawan keduapun tak mau kalah, modalyang 2 talenta itu diputar dalam usahanya. Usahanya sukses. Modal yang tadinya2 talenta emas menjadi 4 talenta emas. Namun karyawan yang ketiga malahmengeluh. “Sialan si Bos, gue cuma dikasih 1 talenta. Buat apaan nih uangsegini. Buat usaha mana cukup? Udah gitu mau diminta balik kalau pulang lagi.Ya kalau usaha gue untung, kalau rugi gimana?” Akhirnya ditimbunlah uang 1talenta itu ke dalam tanah.

Karyawan yang ketiga tiapharinya hanya bermalas-malasan sambil menunggu si Bos pulang. Nanti kalau siBos udah pulang tinggal gali dan balikin uang itu, pikir karyawan ketiga ini.

Setelah beberapa tahun diluar negeri, pulanglah si Bos tersebut. Si Bos merasa senang karena karyawanpertama dan kedua telah berhasil mengembangkan uangnya. Diberilah keduakaryawan itu tambahan modal agar usahanya lebih maju. Namun bos itu marah padakaryawan ketiga. Bos itu marah karena karyawan itu tidak mengusahakan uang itu,tetapi malah menimbun uang itu. Dipecatlah karyawan itu karena sifatnya yangmalas dan jahat.

Narimoing pandum bukan berarti pasrah dan diam saja seperti karyawanketiga, akan tetapi seperti karyawan pertama dan kedua yang tidakmenghitung-hitung dengan iri apa yang mereka dapatkan. Juga tidak merasa kesalkarena emas yang diberikan berbeda jumlahnya. Mereka dan bosnya sadar bahwabesaran emas yang mereka terima sudah sesuai dengan kemampuan mereka dalammengelola pemberian itu.

Jadi, yang dimaksud dari nrima ing pandum adalah menerima segalamacam pemberian tanpa keluhan. Bukan berarti kemudian malas melakukan sesuatutanpa berusaha lho ya. Akan tetapi,lebih kepada keberserahdirian kita kepada Allah SWT. yang telah menuliskansegala sesuatu tentang hidup ini di lauhul mahfudz sana sejak zaman azali.Tawakal, berserah diri kepada Allah atas segala urusan yang akan dan telah kitalakukan. Apapun yang kita peroleh, syukurilah. Terima dengan ikhlas danberusahalah secara lebih agar hasilnya pun makin bertambah. Bersyukurlah,niscaya akan Allah tambahkan nikmatmu.[]

Sumber : http://lintaka.wordpress.com/2011/05/31/narimo-ing-pandum-nerimo-ing-pandum-nrimo-ing-pandum/

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration