Kategori: Wejangan Grafis

Nasihat, tak melulu berasal dari orang tua kepada anaknya. Nasihat juga bisa berasal dari kita kepada saudara kita atau dari saudari kita untuk kita. Apa sih pentingnya nasihat-menasihati itu? Nasihat berasal dari ungakapan berbahasa Arab “nashohal khoyyaathutstsaub” yang artinya ‘penjahit itu menasihati pakaian’. Kok bisa ya? Lazimnya penjahit, semua kain dijahit dengan sempurna tanpa meninggalkan satu bagian pun. Jadi, baju yang dihasilkan bisa sempurna, tanpa kekurangan. Nah, menasihati dimaksudkan untuk menyempurnakan kekurangan dan memurnikan jiwa/batin/ruh dari berbagai kotoran, seperti sempurnanya sebuah pakaian.

Istilah nasihat memiliki beberapa makna. Al-Khaththabi berpendapat bahwa nasihat adalah kalimat yang diucapkan agar si pemberi nasihat memperoleh kebaikan. Sementara Imam Ar-Raghib berpendapat bahwa nasihat adalah perbuatan/perkataan agar si penerima nasihat memperoleh kebaikan.

Jadi, keutamaan nasihat tak lain adalah agar si pemberi dan penerima nasihat memperoleh kebaikan dari nasihat itu, mencegah keburukan jika nasihat tidak disampaikan, dan menyempurnakan kekurangan yang ada pada masing-masing pihak.

Sudah tahu kan bahwa salah satu hak muslim pada muslim yang lain adalah nasihat. Dan tentu kita ingin nasehat yang kita berikan kepada saudara kita diterima dengan lapang dada, kan? Berikut adalah adab yang Rasulullah salallahu’alaihi wasalam ajarkan agar kita memperoleh kebaikan dari nasihat kita :

1) Luruskan niatmu untuk ridho Allah Ta’ala

Sering diulang dalam hadits pertama yang menekankan tentang niat. Setiap perbuatan dilandaskan dan dinilai pada niatannya. Untuk itulah, selain mengharapkan datangnya kebaikan pada saudara kita, insya Allah dengan meluruskan niat ini ridho Allah akan membersamai kita. Aamiin.

2) Nasihati saudaramu, tanpa mempermalukannya

Sampaikan nasihatmu dengan bahasa yang halus ya. Minimalkan penyampaian nasihat di depan banyak orang, apalagi dengan bahasa yang kasar. Cara menasihati yang seperti ini tentu saja tidak pernah diajarkan oleh Rasulullah karena pada akhirnya saudara kita akan merasa dipermalukan dan dibuka aibnya di depan umum. Semoga Allah melindungi kita dari bisikan syaitan dari hal-hal yang demikian.

“Menasihati diikuti dengan menutupi aib, sementara mempermalukan diikuti dengan membuka aib.” (Ibnu Rajab dan Fudhail bin Iyadh)

3) Nasihati saudaramu berdua saja

Dimaksudkan agar nasihat bisa tersampaikan dengan baik, mudah diterima, melindungi saudara kita dari aib, dan mencegah mempermalukan saudara kita di hadapan umum. Usahakan pula, nasihati teman kita disaat suasana hatinya sedang baik. Salah satu syarat diterimanya nasihat adalah waktu dan tempat yang tempat, termasuk ketika suasana hati saudara kita sedang baik untuk menerima nasihat.

4) Nasihati saudaramu dengan sopan dan lemah lembut

Selain waktu dan tempat yang tepat, menasihati dengan cara yang sopan dan dengan lemah lembut insya Allah menjamin nasihat kita lebih diterima. Nasihat yang disampaikan secara kasar justru bisa menimbulkan akibat yang lebih buruk. Hubungan dengan saudara kita merenggang, terhambatnya nasihat yang ingin disampaikan, dan masuknya pintu-pintu bagi syaitan untuk menjerumuskan kita dan saudara kita pada keburukan.

5) Menasihati, bukan memaksakan kehendak pada saudaramu

Kewajiban kita pada saudara kita adalah memberi nasihat. Jika nasihat yang kita berikan tidak atau kurang diterima oleh saudara kita, maka tidak perlu kita paksakan kehendak kita padanya. Kita dengan saudara kita adalah teman, yang saling menasihati dalam kebaikan. Sampaikan hal yang baik, berikan arahan yang benar, dengan kata-kata yang mudah diterima. Sebab, memerintahkan kehendak untuk dituruti adalah hak seorang pemimpin kepada rakyatnya, bukan hak seseorang kepada temannya.

6) Carilah waktu yang tepat

Nah, ini penting ya. Sebab tidak setiap saat saudara kita bisa dan siap menerima nasihat. Jika sedang sedih, hiburlah hatinya dulu. Saat suasananya sudah membaik, baru sampaikan nasihatmu kepadanya.

Demikianlah beberapa adab menasihati kepada saudara kita. Nasihat yang disampaikan dengan baik akan menghindarkan dari terbukanya aib saudara kita, merenggangnya hubungan dengan saudara kita, dan mencegah dari keburukan-keburukan lain.

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration