Kategori: Wejangan Grafis

Hijab memiliki makna bahwa seorang wanita menutup badannya dari pandangan kaum lelaki yang bukan mahramnya, sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah berfirman:

Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali pada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka atau putra-putra mereka atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka”. (An Nur: 31)

Dia juga berfirman:

Dan apabila kamu ada sesuatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir (hijab)” (Al Ahzab: 53)

Yang dimaksud dengan hijab adalah sesuatu yang bisa menutup wanita baik berupa dinding, pintu ataupun pakaian. Khusus untuk hijab yang bermakna pakaian, maka terdapat beberapa syarat sehingga pakaian tersebut dikatakan sebagai hijab yang syar’i, diantaranya adalah:

1. Pakaian wanita muslimah itu harus lebar

Pakaian wanita muslimah itu menutup seluruh jasadnya dari pandangan kaum lelaki yang bukan mahramnya dan tidak boleh ia menyingkap terhadap mahramnya kecuali yang biasa disingkapnya berupa wajah, kedua telapak tangan dan telapak kakinya.2. 

2. Harus menutup kulit yang ada di dalamnya

Tidak boleh transparan/ tipis, yang mana warna kulit yang ada di baliknya dapat terlihat.

3. Tidak boleh ketat sehingga membentuk lekuk anggota tubuhnya

Di dalam Shahih Muslim, dari Nabi Sholallahu ‘Alaihi Wassalam beliau bersabda:

Ada dua golongan penduduk neraka yang aku belum pernah melihatnya: suatu kaum yang membawa cambuk seperti ekor-ekor sapi untuk mendera manusia dan para wanita yang berpakaian tapi telanjang, menyeleweng dan menjadikan yang lain menyeleweng, kepala-kepala mereka laksana punuk-punuk unta yang miring. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mendapati baunya, padahal bau surga bisa tercium dari perjalanan demikian dan demikian.”

4. Tidak boleh menyerupai laki-laki dalam hal pakaiannya

Sebab Nabi Sholallahu ‘Alaihi Wassalam telah melaknat kaum wanita yang menyerupai laki-laki dan melaknat kaum laki-laki yang menyerupai wanita. Penyerupaan wanita terhadap laki-laki dalam hal ini pakaiannya dengan ia memakai pakaian yang khusus bagi laki-laki dalam hal jenis dan sifatnya sesuai dengan adat kebiasaan setiap masyarakat masing-masing.

Wahai Muslimah!

Sesungguhnya hijab itu akan menjagamu dari pandangan-pandangan yang telah teracuni, yan berasal dari hati-hati yang sakit dan manusia-manusia buas. Hijab juga akan memutus darimu berbagai ambisi yang menyala-nyala. Maka konsisten dan perpeganglah dengannya. Janganlah engkau menoleh kepada seruan-seruan yang bermuatan misi jahat memerangi hijab atau meminimalkannya, sebab seruan-seruan tersebut menginginkan kejelekan untukmu.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala:

Sedang orang-orang yang mengikuti hawa nafsunya bermaksud supaya kamu berpaling sejauh-jauhnya (dari kebenaran)”. (An Nisa’ : 27)

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration