Kategori: Wejangan Grafis

“Bismillahir rahmanirrahiim”

(Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang).

Siapa yang tidak hafal dengan ayat pertama dari surat Al-Fatihah ini? Sedari kecil kita sudah diajari untuk rutin melafalkannya, setidak-tidaknya dalam sholat fardhu kita. Sebagai seorang Muslim, hendaknya segala macam aktivitas atau perbuatan selalu kita awali dengan mengucap basmalah. Seperti yang Rasulullah SAW. sabdakan (yang artinya) :

Setiap amalan yang terdapat kepentingan didalamnya jika tidak dimulai dengan (menyebut) nama Allah maka terputus.” (HR. Abu Daud dan An-Nasai)

Ada berbagai macam aktivitas kita sehari-harinya. Dan ia bisa terjadi di mana saja : rumah, kampus, kantor, jalan, warung, pasar, sekolah, dan tempat-tempat lainnya. Segala aktivitas tadi tidak lepas dari kehendak Allah SWT.. Atas kehendak Allah-lah, berbagai macam pekerjaan akhirnya bisa kita selesaikan. Beruntunglah kita ketika masih Allah SWT. karuniakan pada kita nikmat sehat dan kesempatan (waktu luang) untuk menuntaskan pekerjaan-pekerjaan tadi.

Nah, sebagai seorang Muslim, sudah selayaknya dong segala aktivitas tadi kita awali dengan basmalah. Sebab dengan diucapkannya basmalah pada setiap aktivitas kita, insya Allah, akan selalu ada kebaikan dan rahmat Allah SWT. pada dirinya. Coba dipikir, segala hal yang diawali dengan basmalah pastilah sesuatu yang baik. Seperti berdoa (mengucapkan basmalah) saat akan makan, masuk ke kamar kecil, menaiki kendaraan, keluar rumah melakukan perjalanan, memasukkan uang ke kotak infaq, menunaikan sholat, membaca ayat suci Al-Qur’an, ketika akan tidur, dan berbagai macam hal yang sudah sepantasnya diawali dengan basmalah. Dan tentu tidak ada, kan, dan tidaklah pantas jika basmalah dipergunakan untuk mengawali perbuatan-perbuatan maksiat. Apakah ada seseorang yang hendak mencuri mengucapkan basmalah untuk memperoleh ridho Allah SWT.? Adakah juga seorang mahasiswa yang mengucap basmalah ketika akan mencontek temannya? Yang ada malah doa agar perbuatannya tidak diketahui pengawas ujian.

Basmalah adalah sebuah kaliamt yang sederhana dan simpel. Namun, banyak di antara kita yang masih meremehkan “kekuatannya”. Belum banyak aktivitas, tanpa kita sadari, belum dimulai dengan membaca basmalah. Padahal di sisi-Nya, setiap tindakan yang diawali dengan basmalah akan dinilai sebagai sebuah kebaikan serta akan mendapatkan keberkahan dari-Nya, insya Allah.

Dengan mengucapkan basmalah, hal ini bermakna bahwa kita telah menyertakan Allah SWT dalam kegiatan kita. Dengan menyebut asma-Nya, pekerjaan yang kita lakukan akan bernilai ibadah sehingga tidak akan kita lakukan secara sembarangan. Dan dengan basmalah, insya Allah, kita akan terlindung dari kemaksiatan.

Setiap amalan, baik itu yang bersifat ibadah maupun keseharian, jika tidak diawali dengan menyebut nama Allah SWT. dimungkinkan akan berkurang atau hilang keberkahannya. Misalnya makan. Ketika makan dilakukan tanpa diawali dengan basmalah, bisa jadi apa yang kita makan akan berkurang atau hilang keberkahannya. Sehingga, makanan itu tidak menguatkan badan kita untuk beribadah dan bekerja. Yang lebih buruk, bisa jadi makanan itulah yang menjadi penyebab munculnya penyakit di kemudian hari.

Salah seorang sahabat pernah berkata,”Wahai Rasulullah, kami sudah makan tapi entah mengapa tidak pernah merasa kenyang.” Rasulullah menjawab,”Barangkali kalian makan sendiri-sendiri (berpencar)?” dan dijawab,”Ya,” oleh sahabat tadi. Dan Rasulullah bersabda,”Berkumpulah saat menyantap makanan kalian dan sebutlah nama Allah SWT. niscaya Dia akan memberkahi kalian di dalamnya.” (HR. Muslim dalam al-Asyribah (103), Abu Dawud (3765), Ibnu Majah (3887), dan Ahmad:3/346)

Bagaimana jika kita lupa mengucap basmalah? Jangan panik, hehe. Kalau lupa, maka ucapkan,”Bismillahi awwalahu wa akhirohu.” Dengan menyebut nama Allah di awal dan di akhir.

Yuk, mulai diterapkan basmalah dalam aktivitas kita. Insya Allah, jika basmalah tidak dilupa, maka adab-adab dalam beraktivitas pun akan lebih terjaga. Dan akan semakin sadar bahwa di setiap amalan kita selalu ada Allah SWT. yang menyertainya.

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration