WhatsApp Image 2017-04-21 at 18.45.54

 

21 April adalah tanggal lahirnya perempuan nian gagah berani, sosok yang sering menjadi panutan kaum hawa dalam memperjuangkan hak diri bangsa. Bangsa Indonesia, sejak dulu, memeringatinya sebagai tonggak sejarah lahirnya perempuan Indonesia yang berjuang untuk kaumnya, perempuan indonesia pada masa itu. Akan demikian, dibalik itu semua, Satu hal yang tersusutkan, jarang terungkapkan bahkan terkesan disembunyikan dalam catatan sejarah pahwalan Indonesia, adalah Sumbangsih Kartini dalam memelajari dien Islam dan mengamalkannya serta mempunyai keinginan agar Islam disukai. Dalam kutipan beliau dipenggal salah satu suratnya,

“Moga-moga kami mendapat rahmat, dapat bekerja membuat umat agama lain memandang agama Islam patut disukai” (Surat Kartini kepada Ny. Van Kol, 21 Juli 1902).

Sosok Kartini yang memiliki semangat dakwah, yang tersirat dalam suratan beliau dalam bukunya. Kartini mengajak bahwa Wanita pada zaman itu telah dijajah oleh budaya Barat dan Kartini ingin mengajak para wanita kembali pada fitrahnya. Namun demikian, sedikitpun orang orang melanjutkan perjuangannya. Wanita-wanita kini mengurai kembali benang yang telah dipintal Kartini. Sungguhpun mereka merayakan hari lahirnya, namun mereka mengecilkan arti perjuangannya. Kartini ialah satu contoh figur tinta sejarah yang telah mengarungi samudra tantangan ideologi. Beliau sangat semangat dalam berusaha mengelak dan menjauhkan budaya Barat.Dalam kutipan beliau: ”Manusia itu berusaha, Allah-lah yang menentukan” (Surat Kartini kepada Ny. Ovink Soer, Oktober 1900).

Demikianlah gagasan dari Kartini yang sebenarnya, akan tetapi pada kenyataannya sering diartikan sendiri dalam sempit tentang satu kata: emansipasi. Sehingga pada diri orang bebas mengartikan semaunya sendiri. Namun dasarnya, Kartini ingin berjuang berdakwah di jalan Islam.

Wallahu’alam bish-shawab.

Semangat beliau adalah inspirasi bagi muslimah sejati untuk terus berdakwah membela agama-nya.

Ali bin Abi Thalib menegaskan: ”Kebenaran yang tidak terorganisir dapat dikalahkan oleh kebatilan yang terorganisir”

#Kominfo
#spirit17

🌏 jnukmi.uns.ac.id
✉ jnukmi@gmail.com
📞 +62857 4739 8189
🐤 twitter: @jnukmiuns
👥 Fb/ Fp: JN UKMI UNS
📱 Instagram: JNUKMIUNS
📟 Bbm : 797A4504

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration