WhatsApp Image 2017-04-02 at 15.48.55 

 

“Mereka Tidak Berbeda, Melainkan Sama Sempurnanya”

Autisme adalah gangguan perkembangan saraf yang kompleks dan ditandai dengan kesulitan dalam interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku terbatas, berulang-ulang dan karakter stereotip. Anak-anak dengan autisme mungkin memiliki masalah dengan komunikasi, keterampilan sosial, dan bereaksi terhadap dunia di sekitar mereka.  Autisme merupakan salah satu dari tiga gangguan Autism spectrum disorder.  Autisme bukanlah merupakan cacat, Allah menciptakan manusia di muka bumi ini dalam keadaan yang paling sempurna. Tidak ada istilah cacat di dalamnya, dan seseorang yang disebut cacat oleh masyarakat itu adalah juga sempurna. Setiap manusia memiliki kekhasannya masing-masing termasuk kekurangan pada fisik maupun mental mereka. Tak pantas kita membatasi atau menjauhi manusia yang sama-sama diciptakan Allah hanya karena kekurangan yang ada pada dirinya.

Dalam islam, tidak ada halangan bagi masyarakat untuk bergabung bersama dengan mereka yang berkebutuhan khusus seperti buta, pincang, bisu, tuli atau bahkan sakit. Mereka berhak untuk makan bersama, berkumpul bersama layaknya. Sama halnya dengan penyandang autisme yang sama-sama berhak diperlakukan dengan adil. Masyarakat tidak seharusnya membeda-bedakan atau bersikap diskriminasi terhadap anak berkebutuhan khusus. Sebab Allah pun tak membeda-bedakan ciptaaNya kecuali hati dan perbuatannya seperti dalam hadist berikut :

Dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada rupa kalian dan harta kalian akan tetapi Dia melihat kepada hati-hati kalian dan perbuatan-perbuatan kalian.” (HR. Muslim)

Islam tidak mengenal diskriminasi terhadap anak berkebutuhan khusus seperti autisme.  Jadi sebagai masyarakat sudah seharusnya memberi dukungan terhadap penyandang autisme dan bukan menjauhinya atau melakukan tindakan diskriminasi.

#Kominfo
#spirit17

🌏 jnukmi.uns.ac.id
✉ jnukmi@gmail.com
📞 +62857 4739 8189
🐤 twitter: @jnukmiuns
👥 Fb/ Fp: JN UKMI UNS
📱 Instagram: JNUKMIUNS
📟 Bbm : 797A4504

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration