Surakarta – Kelas besar ACS kembali digelar dengan tema “Dasar-Dasar Organisasi dan Amal Jama’i” sebagai bekal bagi peserta ACS, mahasiswa baru UNS 2016. Tujuan utama diadakan acara ini adalah untuk mempersiapkan diri peserta ACS dalam berdakwah melalui berbagai organisasi di UNS nantinya. Karena harapannya alumni dari ACS ini bisa menjadi aktivis dakwah di organisasi yang mereka ikuti nantinya. Kegiatan kelas Besar ACS (Architec Of Sivilisation) ini diselenggarakan di Ruang Seminar Nurul Huda Islamic Center pada hari Sabtu (12/11) kemarin.

Menghadirkan Faqih Addien Al Haq, pernah menjadi ketua Kesatuan Aksi Mahasisa Muslim Indonesia Airlangga Istimewa, sebagai pembicara pada kelas besar ACS kemarin. “Setiap muslim hakikatnya adalah seorang pemimpin yang dilahirkan merdeka”, ungkap Faqih yang merupakan alumni mahasiswa jurusan Ekonomi Islam di Universitas Airlangga.

Faqih melanjutkan, Islam hadir dengan membawa semangat kesetaraan dan kemerdekaan. Dalam suatu kepemimpinan juga membutuhkan amal jamai (amal bersama) yang berupa pembagian tugas. Maka dari itu dibutuhkan ketua, sekretaris, bendahara, dan berbagai bidang lainnya.

Calon pemimpin harus memenuhi kriteria yaitu *hatinya bersih, ahli dalam berbagai bahasa, dan pandai dalam logika dan matematika*. Ada tiga hal penting bagi calon pemimpin yaitu yang pertama, *narasi, ide dan gagasan*. Hal ini penting ketika seseorang memulai untuk memimpin yang akan memberikan arah kepada seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinannya. Dicontohkan pada masa Khalifah narasi, ide dan gagasan yang di usung Abu Bakar As Shidiq sebagai khalifah pertama yaitu memperkuat mualaf yang ada setelah Nabi Muhammad wafat, kemudian menegakkan salat dan zakat. Kemudian Umar Bin Khattab, narasi, ide, dan gagasannya berupa kelembagaan yang teratur. Kedua adalah *tanggungjawab* dan yang ketiga adalah *ukhuwah* atau persaudaraan. Bahwa tidak sempurna iman kalian apabila tidak mencintai saudaranya lebih dari mencintai diri sendiri.

“Diperlukan pertemuan kecil sebelum pertemuan besar”, masih disampaikan Faqih dalam kelas besar ACS ke-3 ini. Hal ini untuk mengefisienkan pertemuan besar sehingga tidak memakan waktu yang lama, selain itu dengan adanya pertemuan kecil kita sudah mendapatkan bekal yang akan di sampaikan saat pertemuan besar, sehingga selain mengefisienkan pertemuan juga membuat pertemuan menjadi lebih terarah.

Pembahasan ditutup dengan closing statement dari beliau. Faqih berkata, “jika kalian yakin, maju terus jangan takut dan membatasi diri untuk menjalin komunikasi.” Nah, mari kita berlomba-lomba dalam berdakwah. Dakwah melalui organisasi dengan berbagai bekal dan strategi sehingga dapat menjalankan tugas secara teratur dan saling memperkokoh.

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration