GSJN #2 Menguak Tentang Pahlawan Islam di Hari Pahlawan

 

Aula utama Masjid Nurul Huda UNS kembali menjadi tempat berlangsungnya Gerakan Shubuh Jamaah Nasional atau GSJN. Acara ini dilaksanakan dengan kerja sama oleh beberapa lembaga yaitu Puskomnas, Puskomda Solo Raya, JN UKMI UNS, Lazis UNS, Biro AAI UNS dan Takmir Masjid Nurul Huda. Pada hari Jum’at- Sabtu 13- 14 November 2015 telah dilaksanakan GSJN untuk kedua kalinya. Mengingat masih dalam nuansa hari Pahlawan pada tanggal 10 November, tema yang dipilih adalah tentang kepahlawanan yaitu “Narasi Kepahlawanan Islam di Hari Pahlawan.” Pemateri yang diundang ada 2 yaitu Ust. Muhammad Isa AL Anshory, M.P.I dan Ust. Arif Wibowo, S.P.I.

Rangkaian GSJN kali ini masih sama yaitu bermulai dari bada Isya ada Malam Bina Ruhiyah (Mabiru) kemudian acara GSJN dan ditutup oleh AAI Kubro untuk mahasiswa baru UNS angkatan 2015. Acara berlangsung lancar dibawah panduan MC, akh Arwin Setyo, dan moderator, akh Hans Pratama. Jumlah peserta GSJN kedua sebanyak 567 peserta, terdiri atas mahasiswa UNS dari berbagai fakultas dan juga masyarakat umum. GSJN kali ini juga mengadakan galang dana untuk Palestina dengan jumlah dana yang terkumpul sebanyak Rp. 1.775.300,00

Kedua pemateri membawakan materi mengenai distorsi sejarah Islam di Indonesia dengan sangat menarik. Materi yang dibawakan sangat seru karena memang mengungkap sejarah yang sebenarnya. Ust. Arif dan Ust. Isa seperti ingin memahamkan bahwa perjuangan kemerdekaan Indonesia ini tidak jauh dari peran Ulama dan para santri, yang pada umumnya ulama dan santri tidak begitu dikenalkan sebagai tokoh sejarah di Indonesia. Pada sejarah yang diajarkan di sekolah, ataupun buku-buku tentang sejarah menceritakan sejarah yang sudah disimpangkan dari beberapa fakta di dalamnya. Contoh penyimpangan yang diungkapkan seperti tokoh Bapak Pendidikan Nasional yaitu Ki Hajar Dewantoro, yang jika kita pahami kembali sejarahnya, yang paling pantas untuk mendapat gelar tersebut adalah Kiyai Haji Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah, ataupun Kiyai Haji Hasyim Asy’ari pendiri Nahdhatul Ulama (NU). Peran Sekolah Taman Siswa masih kalah dengan Muhammadiyah, dimana kita bisa menemukan sekolah-sekolah Muhammadiyah di seluruh Indonesia, dan juga masih kalah dengan banyaknya pesantern-pesantren yang didirikan oleh NU. Ada lagi fakta sejarah yang lucu mengenai kota Surakarta ini, jalan utama di kota ini diberi nama Slamet Riyadi yang juga terdapat patung beliau diujung jalan yang sangat panjang ini. Akan tetapi tahukah kita bahwa Bapak Slamet Riyadi ini disebutkan dalam sejarah berperan dalam perjuangan melawan DI/TII di Sulawesi, lalu mengapa diabadikan jasanya di kota Surakarta ini? Mengapa tidak menggunakan tokoh yang memang berperan di Surakarta ini sendiri seperti Haji Samanhudi.

Beberapa distorsi yang ada memang baru muncul dan banyak dibicarakan saat ini. Sebenarnya sudah banyak penulis yang menuliskan mengenai hal ini, contohnya buku Api Sejarah 1 dan 2 yang diciptakan oleh Ahmad Mansur Suryanegara. Akan tetapi ternyata hal itu masih belum bisa sepenuhnya memberikan pemahaman yang benar mengenai sejarah kepada masyarakat. Kunci kita mengetahui sejarah adalah melalui sekolah. Pembelajaran di sekolah sangat dipengaruhi oleh kurikulum, dan kenyataannya pembelajaran sejarah yang diarahkan dalam kurikulum masih sama seperti kurikulum sebelumnya. Penulis-penulis yang paham distorsi sejarah ini tidak masuk ke dalam ranah pendidikan, maka dari itu sejarah yang diajarkan kepada siswa masih sejarah yang banyak penyimpangan fakta sejarah itu sendiri.

Sangat penting kita belajar tentang sejarah. Melalui sejarah kita bisa bangga menjadi seorang muslim, karena ternyata Islam lah yang berperan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Melalui sejarah kita bisa banyak mengambil pelajaran untuk memutuskan suatu masalah atau yang lainnya. Masih banyak sejarah pahlawan-pahlawan Islam lain yang masih belum terungkap, mereka memang tidak pernah mempermasalahkan itu, karena itu menjadi tanggung jawab kita para pemuda supaya Islam bisa kembali berjaya lagi.

~Tim Warta JN UKMI

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration