AghBRzjFVbozMdlJUBnPR_T6m4qoT7jO1yyyMRh_nIRd

Hari ini diperingati pengorbanan para pahlawan yang berjuang lebih dari 70 tahun yang lalu!

10 November merupakan salah satu tanggal yang dapat dikatakan kramat. Tepatnya tanggal 10 November 1945 merupakan hari di mana pertempuran mempertahankan kemerdekaan yang berlokasi di Surabaya. Hari ini tepat pada tanggal 10 November 2015 Indonesia telah berumur 70 tahun dari sejarah pertempuran tersebut. Hal yang melatar belakangi adanya peristiwa tersebut ialah adanya insiden hotel Yamato Surabaya. Orang- orang belanda di bawah pimpinan Mr. Ploegman mengibarkan bendera merah putih biru yaitu bendera Belanda. Hal tersebut membuat jiwa para pemuda terbakar karena dianggap telah menghina kedaulatan bangsa Indonesia. Satu ungkapan yang menyatakan bahwa bangsa yang begitu besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya.

Mengapa tanggal 10 November dipilih sebagai hari pahlawan? Alasannya tidak lain adalah para pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia bertempur dengan gagah berani melawan tentara Inggris di Surabaya, meski hanya bermodalkan bambu runcing. Pahlawan kita tidak pernah gentar untuk melawan penjajah tersebut.

Kita yang pemuda ini haruslah melihat contoh pejuang masa lalu, flashback ke 70 tahun yang lalu saat tanggal 10 November 1945. Bagaimana para pejuang mengobarkan seluruh jiwa dan raga untuk mempertahankan tanah air tercinta, tanah air Indonesia. Indonesia telah merdeka tetapi yang menjadi ancaman adalah moral anak-anak Indonesia sekarang. Nilai moral yang turun disebabkan karena ketahanan iman masyarakat Indonesia yang juga turun. Seorang pemuda yang memiliki iman, taqwa dan tekad yang kuat akan mampu menyelesaikan masalah moral ini secara berjamaah, tidak dengan sendirian. Pahlawan terdahulu dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa ini pun melakukan perjuangan dengan berjamah, karena bersama itu akan menghasilkan kemenangan yang tidak dapat diraih jika dilakukan seorang diri. Seorang pahlawan yang benar-benar dikatakan sebagai pahlawan adalah dia yang benar-benar ikhlas melakukan hal yang membawa pengaruh besar terhadap kehidupan manusia tanpa adanya pamrih.

Pahlawan yang selalu menjadi idola di semua zaman adalah Nabi Muhammad SAW. Beliau adalah pahlawan yang patut diidolakan di atas semua idola yang kita kenal. Bukan Soekarno, Soeharto maupun yang lainnya, tetapi Rosullullahlah pahlawan sejati dalam hidup ini. Perjuangan beliau beserta teman-teman sangat besar dalam mempertahankan dan menegakkan agama Allah. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari sirah perjuangan mereka. Di dalam sirah terdapat sejarah mereka dalam menghadapi ujian, melaksanakan kewajiban dan larangan, serta strategi kemenangan maupun kehidupan yang mereka jalani. Inilah pentingnya kita mempelajari sirah nabawiyah maupun sejarah pahlawan yang lain, karena dengan mempelajari sejarah kita bisa berhati-hati untuk tidak mengulangi kesalahan yang dilakukan oleh para pendahulu kita.

Seseorang pahlawan umumnya menjadi pahlawan saat menjadi pemuda. Inilah saatnya pemuda berkiprah dalam bidangnya masing-masing untuk berjuang dalam dakwah. Pemuda yang disebut-sebut sebagai agen perubahan adalah pemuda yang implementasinya tinggi terhadap pahlawan masa lampau. Sebagai penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang gugur mengorbankan jiwa dan raga untuk membela agama serta bangsa, seorang pemuda harus membawa perubahan dengan hati yang tulus dan ikhlas dengan bermodalkan ibrah yang diambil dari sejarah pahlawan Indonesia maupun sirah nabawiyah. Maka, jika Rasululloh SAW bersabda jika sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat, sangat tepat rasanya jika kita turut berkontribusi dalam memperjuangkan tegaknya dienulloh ini. Sekecil apapun, sesederhana apapun bentuknya.

Dan sejatinya, kita perlu sadar bahwa perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaannya tidak pernah bisa dilepaskan dari perjuangan para ulama pribumi dalam membela agamanya dari gangguan penjajah dalam menyebarkan misi agamanya (gospel).

~Tim Warta JN UKMI

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration