Peran Pemuda Islam dalam Kemerdekaan Palestina

Sabtu (5/6) JN UKMI UNS menyelenggarakan Talk Show yang bertajuk “Peran Pemuda Islam dalam Kemerdekaan Palestina” sebagai pembuka rangkaian acara silaturahim kebangsaan yang dihadiri perwakilan LDK se-Indonesia. Acara tersebut menghadirkan pembicara Ustadz Fanni Rahman, Ketua Sahabat Al-Aqsa dan Muhammad Syukri Kurnia R. selaku Ketua Puskomnas FSLDK Indonesia 2015-2017. Bertempat di Aula Utama Masjid Nurul Huda UNS, acara berlangsung sejak pukul 08.30 – 11.30 WIB.

Acara dipimpin oleh Kholid Sibghatulla, di mana beliau adalah wakil presiden BEM UNS 2014. Talk show dibuka dengan cerita dari Ust. Fanni mengenai keadaan Palestina. Isu tentang Palestina akan terus bergema selama penyerangan oleh kaum zionis belum usai dan selama rakyat Palestina belum mendapatkan kemerdekaannya. Tema Peran Pemuda Islam dalam Kemerdekaan Palestina sengaja dipilih untuk membuka wawasan dan menggerakan nurani para audiens yang notabene adalah mahasiswa untuk ikut berperan dalam usaha memerdekakan Palestina.

Dari talk show ini muncul pertanyaan “Mengapa kita harus repot-repot mengurus Palestina sedangkan negara kita sendiri saja masih kacau?” Pertanyaan ini mungkin pernah terbesit di pikiran beberapa orang. Palestina juga adalah negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia.  Selain itu, Palestina juga berperan dalam rangka tercapainya kemerdekaan Indonesia, rakyat Palestina menganggap bahwa Indonesia adalah saudara mereka, karena penduduknya bragama Islam. Pada saat agresi militer Belanda ke Indonesia, rakyat Palestina sempat menghalau kapal Belanda  agar tidak ke bumi nusantara.

Sudah saatnya bangsa Indonesia membalas budi Palestina, selama bertahun-tahun bangsa Palestina berjuang untuk meraih kemerdekaan. Perjuangan itu bukan hanya berupa peperangan saja, namun mereka berjuang untuk kembali di jalan Allah SWT. Jalan itu pulalah yang juga harus dilakukan bangsa Indonesia khususnya bagi para pemudanya. Untuk itulah kita harus ikut membantu perjuangan bangsa Palestina, bukan dengan ikut berperang melainkan dengan ikut membantu mengkampanyekan tentang kemerdekaan Palestina melalui media sosial maupun media cetak. Kita tidak perlu memikirkan apakah kita dapat menyaksikan Palestina yang merdeka atau tidak, yang perlu kita pikirkan hanyalan bagaimana kontribusi kita untuk mewujudkan Palestina yang merdeka. Selama Palestina belum merdeka, selama itu juga kita akan terus melakukan aksi peduli untuk Palestina, karena mereka adalah bagian dari kita, saudara kita. Teruslah berjuang di jalan dakwah, karena barangsiapa menolong agama Allah maka Allah juga akan menolongmu.

Kemudian acara berlanjut ke acara selanjutnya yaitu Sekolah Kebangsaan. JN UKMI mengadakan Sekolah Kebangsaan kepada peserta Silaturahim Kebangsaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pukul 13.00 WIB setelah di sesi pagi dibuka dengan talk show tentang Palestina. Sekolah Kebangsaan ini diikuti oleh puluhan peserta yang merupakan utusan  dari LDK-LDK di berbagai kampus di Indonesia. Mereka berasal dari Surabaya, Madura, Garut, bahkan Palu.

Sekolah Kebangsaan sendiri terbagi menjadi tiga kelas. Tiga kelas tersebut adalah kelas kemuslimahan yang bertempat di Perpustakaan NHIC, kelas kaderisasi bertempat di Aula Lantai 2 Gedung Mawa UNS, dan kelas media bertempat di Ruang Seminar NHIC. Adapun pengisi di kelas kemuslimahan adalah Ustadzah Riana beliau adalah dosen UNS di Fakultas Ilmu Budaya. Sementara di kelas media, sebagai pengisi adalah Mas Ridho Azlam Ambo Ase, yang merupakan mahasiswa Universitas Mercubuana dan juga bekerja di Oase Production. Sedangkan di kelas kaderisasi diisi oleh mas Aristiawan beliau ketua umum SKI FKIP 2014, selain itu sekarang beliau beramanah menjadi ketua Komisariat B Puskomnas FSLDK Indonesia 2015-2017.

Materi yang disampaikan di kelas-kelas disesuaikan dengan permasalahan yang biasa ada di dalam bidang masing-masing. Dengan adanya kelas-kelas ini, diharapkan dapat memberi bekal kepada seluruh LDK dalam menjalankan amanah pada masing-masing bidangnya. Juga sebagai pembelajaran bersama untuk dibagikan kepada rekan-rekan dakwah di LDK masing-masing ketika telah kembali nanti.[]

~Tim Warta JN UKMI UNS~

 

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration