April Mop Kebohongan yang NyataApril Mop adalah istilah untuk tanggal 1 April. Istilah ini sudah berkembang secara luas sejak beberapa abad yang lalu. April mop, menurut kebanyakan orang-orang adalah hari dimana orang bisa menipu orang sepuasnya dimana orang yang tertipu tidak berhak marah karena hari itu hari April Mop.

Sebenarnya apa latar belakang dari April Mop itu? Sejarah April Mop bermula pada sebuah episode sejarahMuslim Spanyol di tahun 1487 M atau bertepatan dengan 892 H. Sejak Islam dibebaskan di tanah Spanyol oleh Panglima Thariq bin Ziyad pada awal abad ke-8 M. Berangsur-angsur masyarakat Spanyol mulai masuk Islam karena melihat kebenaran di dalamnya. Masyarakatnya benar-benar menjalani kehidupan sesuai dengan Al-qur’an dan Sunnah.

Keadaan ini berlangsung hingga 6 abad. Selama itu pula masyarakat non-Muslim mencari cara untuk mengusir Islam dari Spanyol. Setelah sekian lama, akhirnya mereka menemukan cara untuk menaklukan Islam, yaitu dengan caramenyerang pemikiran dan budayanya. Setelah itu dengan mudahnya Pasukan Salib membunuh masyarakat Muslim. Granada adalah wilayah terakhir yang ditaklukkan.

Saat itu masih ada beberapa masyarakat Muslim yang bersembunyi di dalam rumahnya tanpa berani keluar.Lalu dengan liciknya Pasukan Salib itu menipu mereka untuk keluar dari tempat persembunyiannya dengan dalih membebaskan umat Islam yang tersisa itu. Masyarakat Muslim ada yang percaya (saat dibuktikan dengan adanya kapal-kapal di pelabuhan untuk digunakan warga Muslim pergi meninggalkan spanyol) dan sebagian yang lain tidak percaya dengan tetap bersembunyi di dalam rumah mereka. Setelah mereka yang percaya datang ke pelabuhan, Pasukan Salib langsung membakar semua rumah yang mereka tinggalkan beserta saudara-saudara Muslim mereka yang bersembunyi. Setelah itu kapal-kapal yang ada pun juga dibakar oleh mereka. Masyarakat Muslim saat itu tidak berdaya sama sekali. Mereka tidak mempunyai senjatadan hanya terdiri atas anak-anak, wanita, dan orang tua. Setelah itu mereka semua dibunuh oleh Pasukan Salib itu dan mereka menjadi para syuhada.

Sejarah di atas secara jelas melarang kita untuk merayakan April Mop ini. Bisa dikatakan bahwa Muslim yang ikut merayakan April Mop ini juga ikut merayakan pemusnahan Muslim di Spanyol itu. Naudzubillah min dzalik. Seharusnya larangan ini bukan berlaku hanya untuk kaum Muslim saja, tetapi untuk seluruh manusia di dunia. Dengan berdasarkan sejarah yang disebutkan di atas, bukankah itu juga mengusik mengenai HAM mereka untuk hidup. Dan cara pasukan Salib menaklukan Islam dengan sangat kejam dan tidak manusiawi, yang sangat bertentangan dengan HAM yang selama ini mereka dengungkan di media Barat.

April Mop adalah hari dilegalkannya segala bentuk kebohongan. Sifat kebohongan sendiri berkebalikan dengan kepercayaan. Padahal kita tahu bagaimana susahnya mendapat dan menjaga rasa percaya orang lain pada kita. Kemudian apa jadinya ketika kita dengan mudahnya merusak kepercayaan itu dengan hal sepele, contohnya dengan dalih merayakan April Mop. Ketika kita tanya kepada orang yang merayakannya mengenai alasan mereka, yaitu hanya untuk kesenangan saja. Apakah kita benar bisa merasakan senang jika kita menipu? Kesenangan saat menipu orang apakah bertahan lama. Tidak, bahkan itu bisa membuat kita tidak tenang sendiri.

Untuk hal bercanda islam sudah mengaturnya dengan baik sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Salah satu Adab Bercanda Sesuai Syariat yaitu janganlah mengandung dusta. Rasulullah SAW bersabda: “Celakalah bagi orang yang berbicara lalu berdusta supaya dangannya orang banyak jadi tertawa. Celakalah baginya dan celakalah.” (HR.Ahmad dan dinilai hasan oleh Al-albani). Adab selanjutnya adalah menghindari bercanda yang dilarang Allah SWT seperti menakut-nakuti orang lain, berdusta saat bercanda, melecehkan orang lain, dan memfitnah dengan  bercanda. Dan tidak banyak tertawa, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengingatkan agar tidak banyak tertawa, “Janganlah kalian banyak tertawa. Sesungguhnya banyak tertawa dapat mematikan hati.” (HR. Ibnu Majah). Beberapa adab tersebut sudah menjelaskan mengenai adab bercanda dalam islam, walau masih ada lagi adab bercanda yang perlu kita perhatikan. Akan tetapi yang kami fokuskan disini adalah yang berkaitan dengan April Mop. Dan dapat kita simpulkan bahwa kita tidak diperkenankan menipu orang untuk bercanda. Bahkan Rasulullah bercanda dengan hal yang benar, tidak pernah melukai perasaan orang dan tidak pernah berlebihan.

Kita sudah mengetahui ilmunya sekarang, masihkah kita akan merayakan April Mop ini? Coba kita renungkan bersama, apa manfaatnya kita menipu orang? Menjahili orang? Hanya untuk senang-senang sesaat saja dengan cara menipu orang berlebihan yang nantinya kita juga akan tertawa berlebihan juga. Apakah kita berpikir mengenai perasaan orang yang kita tipu atau kita jahili? Coba lah kita menempatkan diri kita menjadi mereka korban pembohongan, pastinya kita semua tidak suka akan hal itu, bukan? Maka dari itu janganlah kita ikut-ikut merayakan April Mop ini dan bersama-sama kita meneladani sifat-sifat Rasulullah dan juga sikap bercandanya itu Sejatinya April Mop ini sendiri adalah kebohongan yang nyata.

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration