label-funtastuc

“Amanah adalah sesuatu yang banyak ditakutkan oleh sebagian banyak orang”

Bismillahirrahmanirrahim..

Dakwah ini…. Tak terasa telah meninggalkan jejak-jejak perjuangannya. Setiap keping kisah yang selalu bisa menggetarkan jiwa setiap hati di dalamnya. Masa-masa yang menghadirkan canda, tawa, tangis, gundah, dan kadang hanya ingin diam untuk sejenak agar hati dapat merasakan dan mentadaburi hikmah. Hampir satu tahun kebersamaan ini. Baru saja kemarin rasanya kita –aku, engkau dan kalian semua- saling sapa dalam perkenalan yang singkat, namun cukup berkesan itu…. Masihkah engkau ingat hari itu, wahai pelaut JN UKMI?

Jamaah Nurul Huda Unit kegiatan Mahasiswa Islam UNS adalah wadah bagi mahasiswa Muslim UNS agar mampu meningkatkan tsaqofah Islam untuk lingkup mahasiswa, khususnya, serta di lingkungan masyarakat di sekitar kampus UNS. Saat ini JN UKMI telah mampu melakukan itu. Terbukti dengan semakin berkembangnya kegiatan yang berorientasi Islam di kampus ini. Mulai dari kajian, seminar, hingga kegiatan besar lain yang hampir setiap waktu dapat kita temui.

Syiar yang semakin kuat dan masif. Kental dengan nuansa Islam di dalamnya, namun tetap hangat diterima masyarakat dan khususnya mahasiswa muslim UNS. Suatu hal yang patut untuk disyukuri. Di kampus UNS ini UKMI sebagai lembaga dakwah kampus telah mampu memberikan warna Islam hingga akhirnya dakwah Islam dapat semakin berkembang sampai sekarang ini di kampus UNS. JN UKMI dan lembaga dakwah di tingkat fakultas telah menjalankan perannya sebagai lembaga dakwah dengan baik. Semoga di tanganmu dakwah ini tetap hidup dan semoga engkau bisa mengemban risalah ini hingga akhirnya nanti.

Banyak pembelajaran yang mengesankan ketika aku masuk dalam barisan dakwah ini, JN UKMI. Di dalamnya penuh kisah indah nan bermakna. Setiap kisahnya selalu saja menghadirkan perasaan yang multirasa. Rasanya… manis menggetirkan, sedikit lucu, unik, dan kadang membuat hati dan pikiran hampir-hampir tak bisa berhenti memikirkannya….

Namun tak semuanya serasa indah. Kadang dakwah ini terasa berat ‘tuk dijalani, kadang lisan ini pun seringkali mengeluh akan beratnya amanah, dan tanpa disadari begitu banyak kata yang keluar hanya untuk berkata,“Aku lelah…. Aku lelah…. Aku lelah….” Hingga sejenak langkahmu terhenti.

Sesaat mungkin kau akan mencari iman untuk menguatkan. Dan ternyata kala itu iman sedang beranjak dari tempatnya, ya hatimu mungkin membutuhkan iman dengan segera. Namun, keberadaan orang-orang di sekitarmu, membuat kau sadar dan mencoba mengumpulkan kembali kekuatan iman yang terserak. Dan perasaan lelah dan bosan yang bersarang di hati dan pikiranmu… akhirnya sedikit demi sedikit berhasil terusir oleh kekuatan ukhuwah.

Ya…seperti itulah ukhuwah. Ia hadir di saat kita membutuhkan. Mengingatkan untuk selalu dalam kebaikan. Bersyukurlah jika kau memiliki mereka semua.

Amanah dan tanggung jawab merupakan hal yang sangat sulit untuk kita emban. Namun, pada akhirnya siapa yang bisa membiarkan dakwah ini tercecer oleh karena kita tidak peduli lagi akan risalah ini?

Dan pada akhirnya memang benar. Amanah adalah sesuatu yang banyak ditakutkan oleh sebagian banyak orang. Begitupun dengan diri ini, sungguh ketakutan akan amanah sering kali menghampiri. Ketakutan jika aku tak mampu untuk mendekap dengan sepenuh jiwa arti dakwah yang sesungguhnya. Ketakutan jika aku tak mampu sepenuhnya hidup untuk dakwah. Ya, terkadang memang tawaran kesenangan dunia yang sangat sedikit ini nampak begitu luas jika hati tertutup oleh nafsu. Naudzubillah…

Meski banyak yang terjatuh dan akhirnya memilih mundur…tapi, semoga yang tersisa mampu untuk terus berdiri di jalan dakwah ini hingga akhir kejayaan nanti.

Semoga hanya ikatan ukhuwah yang selalu dan semakin terjaga pada akhirnya. Semoga hanya akan ada satu kata. yaitu “kemenangan dakwah” yang terukir pada akhirnya. Ada begitu banyak kisah yang kau rajut di sini. Ada banyak warna yang menghiasi langkah dakwah ini.  Tentang ukhuwah…. Tentang pengorbanan…. Tentang cinta….

Banyak suka dan duka yang terasa saat beramanah di JN UKMI.  Satu hal pelajaran berharga ketika kita mau belajar dari sesuatu dan itu karena Allah, maka akhirnya apapun yang kau lakukan itu terasa jauh lebih mudah.

Maka dari itu, menjadi aktivis dakwah memang bukan hal yang mudah. Dan bukan suatu hal yang patut dibanggakan ketika kita tidak mampu menjadi jembatan untuk orang lain mengenal dan merasakan indahnya Islam. Ingatkah engkau bahwa Allah telah berjanji kepada kita dalam QS At- Taubah (9) :111. Untuk itu, berbahagialah engkau yang memilih dakwah karna surga adalah janji-Nya.

Satu hal yang kita ingat bahwa dakwah ini bukan untuk aku atau kamu, tapi ini untuk Islam. Untuk agama Allah. Demi meneruskan perjuangan Rasul Allah. Tak lama lagi, pelayaran ini akan segera tiba pada pelabuhannya. Semoga kita dapat mengambil berkah cinta dakwah ini. Kuatkan diri, tingkatkan iman, dan selalu bersyiar, wahai pelaut-pelaut handal JN UKMI UNS …. FUNTASTIC 2014. Sesungguhnya engkau adalah orang-orang terpilih.

Kita tidak akan pernah bisa menjadi pelaut yang handal dan tangguh jika belum mampu melewati gelombang dan badai. Jangan pernah takut karena Allah selalu bersama kita.[]

Oleh : Laras Ayunda

(Koordinator Akhwat Dept. Pembinaan Muslimah Bidang Nisaa’)

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration