label-funtastuc

Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya

Rohis kampus. Tempat pertama yang saya cari ketika baru sampai di kampus yang unik ini. Terbiasa dengan kehidupan SMA yang lebih sering bergaul dengan orang-orang masjid, ketika masuk masa perkuliahan hal itulah yang selalu terbesit dalam pikiran. Seseorang datang kepada saya dan menawarkan saya untuk menjadi bagian dari keluarga JN UKMI. Nama yang sangat asing terdengar di telinga. Jamaah Nurul Huda Unit Kegiatan Mahasiswa Islam. Ketika mendengar kalimat tersebut, seketika saya bersedia untuk bergabung karena mendengan namanya pasti orang sudah tahu bahwa itu pasti rohis kampus.

Awal mula bergabung dengan JN UKMI karena ingin memperdalam ilmu keislaman. Tetapi ketika masuk, hal-hal yang diharapkan sama sekali tidak ditemukan, namun tergantikan oleh sesuatu yang luar biasa.

Pertama kali bergabung, disambut oleh orang-orang yang luar biasa. Kultur masyarakat aktivis yang sangat kondusif untuk pengembangan akhlak. Pasifnya diri sejak SMP makin lama makin mengikis karena banyak suplemen motivasi dari sahabat-sahabat aktivis di JN UKMI. Nilai-nilai kehidupan kampus yang diajarkan sangat baru dan mengena di hati. Sehingga dalam pelaksanannya sangat tidak menjadi beban yang berat bagi setiap orang. Para tetua di JN UKMI tidak pernah mengajarkan pelajaran yang saklek tentang keislaman, tapi bagaimana kita hidup dan bersosialisasi dengan berlapiskan napas-napas Islam.

Satu nilai yang terpenting ketika berjuang bersama teman-teman aktivis adalah keikhlasan kita dalam meluangkan waktu dan tenaga. Di tengah kesibukan kuliah yang tak kunjung hentinya, tuntutan organisasi untuk terus melaksanakan seluruh kegiatannya datang bertubi-tubi. Terkadang putus asa, kalau membayangkan semua agenda yang telah dijadwalkan. Namun, di saat yang bersama Allah SWT. selalu memberikan kemudahan. Entah dari efisiensi waktu hingga hal-hal yang bersifat teknis dilalui dengan menyenangkan. Mungkin itu juga salah satu berkah dari keikhlasan dalam bekerja dan Allah SWT. juga ridha dengan kegiatan-kegiatan yang kita laksanakan.

Dalam rangka meraih berkah Allah tidak selalu dengan menuntut ilmu agama secara saklek. Yang terpenting adalah bagaimana kita mengaplikasikan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Tidak perlu berat-berat, cukup dimulai dari hal-hal yang sederhana. Apa gunanya ketika seseorang yang ilmunya telah banyak, namun kurang cerdas dalam praktiknya. Semua akan sia-sia. Pembelajaran yang baik harus dilakoni dengan praktek, agar ilmu yang masuk tidak mudah hilang dari ingatan. Setelah kebiasaan-kebiasaan yang baik itu menjadi akhlak bagi seorang muslim. Maka jangan khawatir akan ridho dan berkah Allah, karena Allah pasti mencintai umatnya yang selalu berusaha memperbaiki diri dari waktu ke waktu.

Aktualisasi diri dalam pengembangan akhlak juga harus disertai dengan penambahan wawasan. Karena posisi kita sebagai seorang mahasiswa, maka setidaknya harus paham akan dasar-dasar setiap ilmu yang kita pelajari. Salah satu cara yang wajib adalah dengan membaca buku, rajin berdiskusi, dan bergaul dengan tokoh-tokoh kampus. Tiga hal tersebut yang tentunya dapat membawa kita menjadi insan yang bermanfaat untuk orang banyak. Itulah yang saya dapatkan di JN UKMI selama kurang lebih dua tahun terakhir. Sebuah jamaah yang sederhana, namun menyimpan banyak nilai-nilai kehidupan.

Pada intinya, ketika kita menginginkan ridho dan berkah Allah swt. ada banyak cara yang dapat kita lakukan dan praktek jauh lebih bernilai dari pada sekedar teori atau ucapan belaka. Dan ketika kita ingin berdakwah di tengah masyarakat kampus, kita harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang kita datangi. Tidak perlu “takut dosa” atau iman kita berkurang, yang terpenting adalah hati yang suci. “Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya.” (QS. 99 : 7) Berlomba-lombalah berbuat kebaikan untuk mendapatkan ridho dan berkah dari-Nya! []

Oleh : Dedy Darmawan Nasution

(Koordinator Dept. Jaringan Internal Bidang Jaringan)

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration