label-funtastuc

Berangkatlah kamu baik dengan rasa ringan maupun dengan rasa berat

Begitu banyak warna dalam perjalanan kita, ada yang tetap bertahan, tapi tak sedikit yang pergi meninggalkan. Beginilah jalan dakwah mengajarkan kita tentang ukhuwah, tentang pengorbanan, dan keikhlasan. Kadang kesal, lelah, canda, dan tawa. Tak kuat untuk bertahan, tapi sayang untuk ditinggalkan. Kadang hati bertanya,”Ya allah, kapan kami bisa beristirahat dari jalan ini?” Allah menjawab,“Nanti, ketika tiba waktu di mana kaki-kaki kalian telah menginjak surga-Ku…. ”Allahu a’lam. Begitulah untaian kata dari Ustadz Rahmad Abdullah yang sangat menginspirasi.

Ketika raga ini memasuki atmosfir dakwah di sebuah LDK di kampus UNS Surakarta, awalnya hanya sebuah pilihan dan akhirnya bertahan sampai Funtastic JN UKMI 2014. Seuntai keyakinan ketika jiwa ini telah menambatkan diri di jalan ini yaitu sebuah konsistensian dalam berdakwah. Walaupun dakwah itu indah namun ketika kita dalam ranah itu, sungguh bila dijalani dengan hati yang keluh maka terasa berat dan sulit. Namun bila dihadapi dengan cinta dan kebersamaan, maka sesungguhnya dakwah itu menjadi sangat mempesona.

Funtastic JN UKMI 2014…. Saya hadir di sini hanya untuk satu tujuan yaitu mengenal Allah lebih dan lebih. Kemudian tujuan itu muncul seperti bermekaran bunga-bunga mawar bahwa saya ingin mensyiarkan agama ini. Saya ingin semangat dalam cinta dan kebersamaan, saya ingin, dan saya ingin yang lainnya. Terhubung di suatu kisah dalam dakwah ini bahwasannya kisah ini tak akan pernah berakhir dalam sanubari.

Ketika mendapatkan amanah di salah satu bidang di JN UKMI hal ini bukanlah mudah karena semua itu butuh pengorbanan, keikhlasan, dan butuh langkah yang pasti. Kita dituntut untuk melakukan sesuatu yang bisa dibilang baru, akan tetapi itu yang membuat dakwah lebih seru. Seru karena amanah dan tanggung jawab ini yang mendewasan kita.

Semula energinya negatif atau setengah setengah namun setelah memasukinya menjadi energi yang postif. Mengajarkan arti kebersamaan, saling membantu, dan pengertian. Sungguh amanah yang dibebankan di bidang ini menyenangkan karena bisa belajar lebih banyak tentang hidup ke depan. Namun kebahagian itu belum tentu menyenangkan sepenuhnya karena banyak rintangan yang harus di hadapi. Banyak polemik yang harus dipecahkan dan banyak tuntutan yang harus segera diselesaikan.

Terlebih lagi tidak mudah untuk mengumpulkan massa yang sama-sama mau berjuang. Terkadang harus berjalan sendiri melewati hambatan. Namun jalan ini sayalah yang memilihnya, tidak afdhol jika harus mengeluh dan mengadu dengan ketidakpastian. Saat ini yang seharusnya dilakukan adalah kuatkan tekad dan bersemangatlah. Jalan yang kita lalui belum seberapa. Ingatkah perjuangan Nabi kita, yang selalu dihina, selalu dihujat, dan bahkan disakiti? Jalan ini masih panjang, masih banyak yang harus diselesaikan. Karena kewajiban kita lebih banyak dari waktu yang disediakan. Jadi, Kawan, bergegaslah.

 Jujur saya senang di JN UKMI ini dan khususnya bidang yang diamanahkan ini adalah salah satu asa saya untuk menuju ke depan. Namun, saya ingin merasakan nuansa yang lain. Nuansa dakwah yang lebih “berkobar”. Ketika saya menanyakan apakah itu bisa? Apakah kamu sanggup menjalaninya dengan banyaknya tugas dan amanah yang lainnya? Dan seraya saya menyakinkan hati bahwa ketika kegiatan didasari cinta, kebersamaan, dan tanggung jawab, maka segalanya yang berat akan terasa ringan, yang sulit akan menjadi mudah.

Berangkatlah kamu baik dengan rasa ringan maupun dengan rasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan jiwamu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. At-Taubah:41)

Amanah itu tidak akan pernah salah memilih pundaknya. Begitulah inspirasi itu bertebaran di manapun ketika kita mau mengambil hikmahnya. Dakwah adalah sebuah kata yang sarat akan makna. Butuh pengorbanan untuk mendalaminya dan butuh perjuangan dalam setiap langkahnya.

Di antara keletihan yang ada, mungkin sempat terpikir berhenti adalah sebuah pilihan. Namun, tetap bergerak dan berjuang adalah pilihan terbaik. Live must go on sampai maut memisahkan. Karena,”Setiap kebaikan adalah shadaqah.” (HR. Bukhari)

Allah, tolonglah ringankan jiwa dan langkah ini agar senantiasa bersemangat untuk berjihad di ja
lan-Mu…. Keep smile and always spirit![]

Oleh : Arni Wirasini D.K.D

(Koordinator Akhwat Dept. Dana Usaha Bidang Bendahara Umum)

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration