label-funtastuc

“Ketika seseorangan diberi amanah, ia merasa dihargai dan dipercaya bahwa ia mampu”

Awal kisah

Berawal dari Expo tahun 2012 UNS, pertama kali saya mengenal JN UKMI, namun itu hanya sekedar mengenal nama dari Kerohanian Islam UNS. Dahulu saya berpendapat bahwa JN UKMI itu lembaga kerohanian yang menggeluti ranah politik, yaitu memadukan antara ajaran islam dengan politik. Ketika jadi mahasiswa baru saya sama sekali tidak tertarik untuk mengikuti JN UKMI. Bahkan dulu saya sangat ingin sekali mengikuti Voca Erudita, Marching Band atau BKKT yang menurut saya bisa menyalurkan bakat saya di bidang kesenian, karena saya sangat suka seni. Namun tidak tahu mengapa, saya terhindar dari UKM-UKM tersebut.

Sampai pada suatu ketika, ada dua teman SMA yang juga studi di UNS mengajak saya untuk mendaftar UKM Islam ini, JN UKMI UNS. Setelah mendaftarkan diri, kami melalui proses screening dan menentukan pilihan bidang/departemen yang ingin diikuti. Dulu saya memilih Bidang Dakwah, Bidang Kominfo, dan Bidang Pembinaan. Hingga pada suatu saat saya menerima sebuah surat yang berasal dari JN UKMI dan bertuliskan,”Selamat anti diterima menjadi pengurus JN UKMI dan menjadi Staf Departemen Jaringan Bidang Kominfo.” Sementara satu teman saya berada di Departemen Dakwah Masyarakat dan satu teman saya berada di departemen yang sama dengan saya, yaitu Departemen Jaringan yang di koordinatori oleh Mas Ruslan dan Mbak lina.

Selama Kepengurusan

Pada awalnya saya masih bingung arahan kerja dari Departemen Jaringan itu seperti apa. Namun sedikit demi sedikit saya mengerti. Ternyata kita harus menjalin hubungan dengan berbagai kalangan, baik itu birokrat, UKM/LDF, dan masih banyak lagi. Selama saya menjadi staf di departemen jaringan, saya kurang aktif dalam mengikuti agenda-agenda di JN UKMI. Bayar kas pun saya jarang membayar dan parahnya lagi saya tidak tahu ketua JN UKMI pada saat itu siapa, karena saya jarang muncul di kegiatan-kegiatan JN UKMI waktu itu.

Namun kemudian keadaan berbalik 180° dari keadaan  semula. Yang awalnya saya pasif di JN UKMI bisa menjadi aktif ketika terpilih menjadi salah satu koordinator acara SIFT (Sebelas Maret Islamic Festival) tahun 2013 lalu. Karena saya merasa punya tanggung jawab yang cukup besar, maka pada saat itu saya berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk JN UKMI. Dan alhamdulillah setelah adanya acara itu saya mulai banyak mengikuti agenda-agenda JN UKMI.

Dalam pengalaman itu saya mengambil hikmah bahwa, ketika seseorangan diberi amanah, maka orang itu akan merasa dihargai dan dipercaya bahwa orang itu mampu melaksanakan amanah itu.

Pergantian pengurus 2013-2014

Sempat mengikuti Musyum (Musyawarah Umum) waktu itu, yang cukup menegangkan dan sedikit membosankan, namun memang itu yang harus dilalui.  Terdengar kabar bahwa ketua umum menangis dan pengurus pun juga ikut menangis pada saat semua proses musum telah dilalui. Sedikit menyesal karna tidak mengikuti musum pada hari itu. Musum membuat saya sadar bahwa ternyata saya sangat sedikit berkontribusi di JN UKMI.

Melanjutkan di kepengurusan UKMI tahun 2014 menjadi pilihan saya. Waktu itu saya di hubungi oleh salah satu pengurus UKMI, dan pada saat itu saya tidak tahu ada maksud apa mbak itu ingin sekali bertemu saya, hingga akhirnya kita bertemu dan beliau memberi pesan bahwa saya mendapat amanah sebagai koordinator akhwat Departemen Jaringan Internal. Saat itu saya sangat terkejut dan tidak percaya. Karena dalam pikiran, saya sangat tidak aktif pada saat itu dan sangat tidak mungkin menjadi koordinator akhwat. Sempat merasa takut dan sangat tidak percaya diri dengan keputusan itu. Namun saya lalu menerima posisi tersebut dengan syarat saya harus diajari dan dituntun dalam menjalankan amanah itu.

Bidang Jaringan

Bidang jaringan adalah bidang yang baru dibentuk pada tahun 2014.  Bidang jaringan terdiri dari Departemen Jaringan Eksternal dan Departemen Jaringan Internal. Dengan Ketua Bidang Wiwit, Sekretaris Bidang Mbak Halida, Kordep Eksternal Hans, Korwat Mbak Hana, dan Kordep Internal Dedy dan korwatnya adalah penulis sendiri, serta tak lupa para staf-staf yang sangat saya banggakan.

Banyak pengalaman manis dan pahit di bidang ini, namun lebih banyak pengalaman manis. Saya ucapkan terimakasih kepada mereka semua yang sudah membantu banyak hal dalam kegiatan-kegiatan yang telah kami laksanakan. Semoga Allah membalas dengan balasan yang baik. Aamiin. Sangat nyaman berada di bidang ini, bidang yang solid dan saling peduli satu sama lain. Saya bahagia berjuang bersama mereka pada khusunya dan pengurus lainnya pada umumnya. Kalian luar biasa…!

Banyak sekali perubahan yang saya alami selama saya di JN UKMI UNS. Dan saya sangat  bersyukur atas perubahan itu. 

Oleh : Purnama Indah Cahyati

(Koordinator Akhwat Dept. Jaringan Internal Bidang Jaringan)

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration