label-radio

Ilmu adalah mutiara. Dengan ilmu, Allah angkat derajat orang yang biasa-biasa saja dari segi dunia menjadi sejajar dengan seorang penguasa. Bahkan menjadi lebih mulia lagi ketika ilmu-ilmu yang dimiliki juga diiringi dengan akhlak yang berbudi. Maka tak heran jika kemudian para ulama mengkaji secara khusus adab-adab dalam menuntut ilmu.

Iqro’. Menjadi firman pertama yang Allah turunkan kepada Rasulillah Muhammad SAW.. Menjadi pertanda pula bagi kita bahwa Allah menegaskan kepada kita untuk banyak-banyak membaca sekaligus belajar.

Keutamaan bagi para penuntut ilmu antara lain :

  1. Para penghuni langit dan bumi memintakan ampunan untuk para penuntut ilmu, begitu pula ikan-ikan di lautan.
  2. Laksana bulan di antara bintang-bintang. Yang lebih terang sinarnya dibanding bintang yang hanya berkerlip di beberapa waktu. Orang yang berilmu adalah lebih baik daripada orang yang beribadah setiap hari. Sebab orang yang berilmu akan menjadi cahaya penerang bagi kegelapan (kebodohan) di sekelilingnya.
  3. Sebagai pewaris para Nabi.
    Maka selayaknyalah jika kita bangga sebab para Nabi tidak pernah mewariskan dirham maupun harta kepada anak keturunannya, melainkan ilmu agama. Di saat kita lebih memilih untuk giat menuntut ilmu, maka pada saat itulah kita sudah memilih warisan para Nabi.
  1. Bagi orang yang di masa mudahnya dihabiskan untuk menuntut ilmu, Rasulullah mendoakan,”Semoga Allah memperbagus wajah seseorang yang mendengarkan perkataanku, lalu menyampaikannya kepada orang lain.” Masyaa Allah, Rasulullah sampai medoakan umatnya agar dikaruniai wajah rupawan, baik di dunia maupun di akhirat bagi orang yang meneruskan ilmu yang didengarnya dari Rasulullah SAW..

Hilangnya ilmu dan alim ulama dari bumi adalah salah satu dari sekian tanda-tanda kiamat. Dan kita diperbolehkan iri hanya kepada dua orang manusia, yaitu manusia yang (1) diberi banyak harta, lalu ia menyedekahkan semua hartanya kepada orang lain; (2) orang yang diberi ilmu, lalu ia memperdalam ilmunya, kemudian mengajarkannya kepada orang lain.

Kemampuan setiap orang dalam menyerap ilmu pun berbeda-beda. Ada yang :

  1. Diibaratkan seperti air hujan yang turun di tanah yang sangat subur dan ia menumbuhkan tanaman-tanaman bagi wilayah di sekitarnya. Orang yang seperti ini adalah orang yang berilmu, lalu dengan ilmunya ia memberi manfaat bagi dirinya dan orang lain.
  2. Ibarat air hujan yang turun di tanah tetapi tidak menumbuhkan tanaman, hanya menampung air hujan. Orang seperti ini meskipun diberi ilmu ia tetap tidak bisa memberi manfaat bagi diri sendiri, tetapi masih bisa memberi manfaat bagi orang lain.
  3. Ibarat air hujan di tanah tandus. Yaitu orang yang diberi ilmu, tetapi ia tidak mampu menyerap ilmunya, bahkan tidak memperoleh manfaat karenanya. Ilmunya sama sekali tidak meninggalkan bekas bagi dirinya maupun orang lain.

Dengan keutamaan-keutamaan tersebut, tidak mengherankan jika kemudian para ulama berlomba dalam memperbanyak ilmu-ilmunya. Ada Imam az-Zuhri yang mencintai kitab-kitabnya dibanding istrinya atau Imam Bukhori yang selalu terbangun dari tidurnya sebanyak 17-20 kali setiap malam karena terpikirkan sesuatu dan langsung ingin menuliskannya. Subhanallah…. Ada beberapa doa yang bisa kita lakukan agar Allah memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang berilmu yang memberi manfaat bagi diri kita dan orang lain. Insya Allah.

Doa bagi para penuntut ilmu :

“Allahumma inni a’udzubika min ‘ilmin la yarfa’” yang artinya Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat. Baik yang tidak bermanfaat bagi diri kita maupun bagi orang lain.

Allahumarfa’ni bima ‘alamtani, wa ‘alimni maa yarfa’ni, wa dzidni ‘ilman. Dengan doa ini kita berharap semoga Allah berkenan memberikan kepada kita ilmu-ilmu yang bermanfaat dan ditambahkannya ilmu-ilmu yang bermanfaat pula kepada kita, sehingga ilmu dan keimanan kita bertambah.

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration