label-tulisan

Indonesia memang luar biasa. Memilihkan satu hari khusus diantara 365 hari dalam setahun untuk ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional. Sebuah bentuk apresiasi yang tertinggi bagi segala jasa yang telah dicurahkan untuk mendidik generasi bangsa ini. Segala jasa guru dicurahkan hanyalah untuk satu tujuan, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. ‘Cerdas’ tidak hanya dari segi intelektual, tetapi juga emosional bahkan spiritual. Betapa mulia dan terpuji pengabdian para guru, maka benarlah ketika di dalam lagu Hymne Guru yang diciptakan oleh Sartono diawali dengan kata “Terpujilah”.

Satu sisi yang menarik ketika kita berbicara tentang guru, barangkali yang akan langsung terbesit dibenak kita adalah sosok yang berwibawa dengan baju dinas korpri atau sejenisnya yang banyak kita temui di instansi-instansi pendidikan formal seperti SD, SMP, SMA atau yang setara lainnya. Tidak salah memang ketika gambaran itu yang kemudian hadir, namun perlu sekiranya untuk kita luruskan bersama bahwa ketika ada seorang yang bertanya “siapa itu guru?” maka jawaban yang kita berikan bukan lagi seperti sosok yang telah digambarkan diatas. Akan tetapi, “semua orang yang telah mengajarkan dan mendidik kita kepada kebaikan, itulah yang disebut dengan guru”.

Sejatinya, seorang guru tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga pendidik. Kita tahu bahwa terdapat perbedaan pada kedua kata tersebut. Pengajar, orang yang mengajar memiliki arti seorang yang melakukan transfer ilmu dan pengetahuan. Berbeda dengan pendidik, orang yang mendidik memiliki arti yang lebih luas dan satu tingkat lebih tinggi daripada mengajar. Karena mendidik tidak hanya sekedar memberikan ilmu pengetahuan, tetapi juga cinta dan keteladanan. Karena bagi seorang murid yang ingin ia lihat dari seorang guru bukan hanya seberapa banyak ilmu yang dimiliki. Akan tetapi, seberapa besar cinta yang dicurahkan dan seberapa tinggi keteladanan yang dapat guru tunjukkan. Inilah nilai dalam sebuah pendidikan. Untuk murid yang lebih cerdas, untuk guru yang lebih professional, dan untuk Indonesia yang lebih bermartabat.

Oleh : Yiyin Pranitif (Sekretaris Bidang Kominfo JN UKMI UNS 2014)

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration