label-radio

Seseorang itu tergantung agama temannya. Maka hendaknya salah seorang dari kalian melihat siapa temannya.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Islam mengajarkan jangan pernah sembarangan memilih teman. Sebab teman bukan hanya sebatas kenalan yang mudah kita jumpai di mana saja. Teman adalah cermin. Terlebih jika ukhuwah yang terjalin melebihi dekatnya ikatnya keluarga. Nyaris apa yang dilakukan oleh teman kita, kita pun melakukannya. Mulai dari kebiasaan dalam makan, berbicara, berperilaku, hingga urusan ibadah. Bukankah sering kita lihat bahwa orang-orang yang baik berkumpul pula dengan mereka yang berperilaku baik? Dan sebaliknya, seorang preman pun lebih sering berkumpul dengan gerombolan preman lainnya.

Maka dari itu, selektif dalam memilih teman dekatnya tidak salah rasanya. Karena banyak yang terjerumus ke dalam kemaksiatan atau terlena melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat karena pengaruh pergaulannya. Namun, tidak sedikit juga orang yang mendapatkan hidayah dan memperoleh banyak kebaikan karena ia bergaul dengan teman-teman yang shalih. “Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.” (QS. Az-Zukhruf: 67)

Pilihlah teman yang dapat memberikan manfaat bagi kita, baik di dunia maupun di akhirat. Serta jangan sampai ketika berteman agama kita yang menjadi korbannya. Sadar atau tidak, sesungguhnya teman adalah mereka yang akan menempati shaf-shaf di shalat jenazah kita. Tentu tidak salah rasanya di masa hidup kita, kita perbanyak teman-teman shalih yang nantinya akan memenuhi shof shalt jenazah kita.

Dan teman adalah orang yang akan tetap mengirim doa ketika kita di dunia tinggalah sebuah nama. Seperti kata Rasulullah yang mengatakan bahwa salah doa yang ijabah adalah doa dari seorang Muslim kepada saudaranya.

Dari Abu Bakar Ash-Shidiq ra., beliau (Rasulullah SAW) bersabda,”Sesungguhnya doa seseorang kepada saudaranya karena Allah adalah doa yang mustajab (terkabulkan).  [HR.Bukhori]

Maka, masih maukah bermain-main dalam memilih teman?

Hib lana Ya Rabb, Man Yad’u lana ba’da mautina

Kurniakan kami, Ya Rabb,

orang yang akan mendoakan kami setelah kami mati.

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration