tali allah

Oleh : Mahmud Nur Kholis

Tahukah dirimu ikatan paling kuat di dunia ini?

Pasti sebagian akan menjawab, ikatan persahabatan, ikatan keluarga, ikatan persaudaraan…

Jika boleh kukatakan, semua ikatan itu masih lemah. Aku ingin memberitahumu bahwa ikatan terkuat adalah ikatan aqidah Islam. Bagaimana tidak? Ikatan inilah yang telah menjadikan peperangan pertama dalam Islam di lembah Badar dimenangkan kaum Muslimin. Ikatan inilah yang membuat Konstantinopel tertunduk di hadapan pasukan Islam. Ikatan inilah yang membuat Palestina kembali terengkuh Islam. Ikatan inilah yang menjadikan Abu Bakar rela menyumbangkan seluruh hartanya untuk jihad. Ikatan inilah yang membuat kaum Anshar bahkan merelakan istrinya dicerai untuk kaum Muhajirin. Ikatan inilah yang membuat sekelompok pemuda bersembunyi di gua.

Oleh karena itulah, maka Rasul ajarkan doa rabithah. Agar hati-hati kita semakin kuat ikatannya. Agar hati-hati kita semakin kencang pertautannya. Agar hati-hati kita selalu terjaga dari melemahnya iman. Karena lidi yang sendiri akan mudah patah daripada lidi yang bersama. Maka berjamaah adalah keharusan untuk keselamatan diri kita. Dan dari berjamaah itulah muncul ikatan.

Sesungguhnya, setiap ikatan akan putus ketika pengikatnya juga putus. Ikatan bisnis akan putus ketika bisnisnya hancur atau urusan bisnisnya selesai. Ikatan persahabatan akan putus ketika keduanya menjadi musuh. Ikatan kerja akan putus ketika pekerjaan telah tiada. Bahkan ikatan keluarga sekalipun akan putus jika terjadi sesuatu yang membuat hubungan keluarga tidak harmonis, bahkan memanas. Maka, tiadalah ikatan aqidah itu putus melainkan karena putus atau hilangnya pengikatnya, yaitu Allah. Namun mustahil bagi Allah untuk menghilang karena Dia kekal. Maka dari itu, mustahil pula ikatan aqidah itu putus karena Allah yang mengikatnya.

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration