label-rmdhn

“Kapan kita mau dan ringan melangkahkan kaki kembali menjemput di setiap panggilan adzan?”

Tidak dirasa bulan suci Ramadhan yang penuh berkah telah kita lalui. Kehadiran Ramadhan yang kita lalui bersama di tahun ini bagaikan oase pelepas dahaga spiritual yang mungkin saat ini telah kita alami. Semoga hadirnya Ramadhan mampu menjadi selayaknya butiran embun yang menjadi penyejuk dan pembersih noktah kehidupan akibat dosa-dosa yang berulang kali telah khilaf kita lakukan.

Karenanya, adalah sangat wajar jika kita masih dalam suasana gembira yang luar biasa disertai rasa syukur yang kita haturkan berulangkali di hati terdalam. Sebab masih diberi kesempatan untuk merasakan hikmat dan nikmatnya beribadah di bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim dunia karena menyimpan berbagai keistimewaan di dalamnya. Di mana  kegembiraan yang dirasa pun melebihi pesta pilpres yang ada di negeri ini dan perhelatan piala dunia yang simpulnya hanya untuk urusan duniawi.

Meski baru saja berpisah pada Ramadhan kali ini, rindu hati untuk bersiap menyambut bulan suci ramadhan selanjutnya pun langsung terasa. Jika kita mau menyadari, alam akan merintih dengan perubahan sikap kita selama dan setelah Ramadhan. Bagaimana tidak? Al-Qur’an akan berseru dan lisan kita akan kembali melantunkan bait-bait ayat-Nya. Udara dan angin malam akan berbisik. Kapan ada lagi suara tadarus dari pengeras suara mushala dan masjid untuk terus menyapanya. Masjid akan berteriak, kapan kita mau dan ringan melangkahkan kaki kembali menjemput di setiap panggilan adzan.

Tangan ini juga akan merajuk, kapan mudah digerakkan untuk kembali mengambil rupiah yang segera diberikan kepada para dhuafa. Meja makan pun akan merengek. Kapan lagi dirinya menjadi saksi kebersamaan penuh cinta antara ayah, ibu, dan anak saat-saat berbuka dan sahur tiba. Maka dari itu, untuk memacu kita agar tetap menjaga semangat dan motivasi kita dalam melaksanakan amal-amal perbuatan yang tidak hanya dilaksanakan hanya untuk suatu momentum spesial tertentu saja, Rasulullah SAW. bersabda,”Amal perbuatan agama yang paling disukai oleh Allah yaitu amal perbuatan yang terus dikerjakan oleh orang yang mengerjakannya.”

Berbicara mengenai kebersamaan penuh cinta antara ayah, ibu, dan anak, entah kenapa Ramadhan kali ini teringat lagi pada nostalgia dan cerita kenangan saat masih kecil. Kisah dalam menjalani hari-hari di bulan suci Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya menjadi topik menarik yang sering dibicarakan saat berbuka puasa. Pada Ramadhan kali ini juga saya merasakan kembali perjuangan seorang ibu yang, lagi-lagi, memiliki peranan yang begitu besar bagi keluarga dalam menunaikan ibadah puasa. Di mana hampir 30 hari selalu bangun lebih awal dari anggota keluarga lainnya. Tiba waktu sahur beliau lekas menyiapkan makanan untuk dihidangkan di atas meja, serta tak lupa membangunkan anggota keluarga yang masih terlelap tidur.

Begitu juga ketika akan tiba waktu berbuka puasa bersama. Oleh karena itu, alangkah kurang bijaksana jika kita membalas sekian banyak perjuangan seorang ibu demi kebaikan kita juga dengan mengeluh ketika dia meminta pertolongan.

Di samping itu juga, di Ramadhan kali ini banyak hal bermanfaat yang dikemas dengan berbagai macam bentuk. Mulai dari melihat perjuangan masyarakat menegah ke bawah yang mencari rezeki dengan keras, berusaha tanpa menyepelekan kewajibannya melaksanakan ibadah puasa, kajian, dan khutbah yang disajikan untuk mempertebal keimanan kepada Allah SWT., serta berbagai acara TV yang menghadirkan hafizh cilik penghafal Al-Qur’an yang membuat diri ini termotivasi untuk meniru adik-adik lucu dan manis ini untuk mengistimewakan orang tua di akhirat nanti.

Teladan juga pesan yang kudapatkan pada Ramadhan kemarin membuatku terus bersemangat memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik, melampaui mereka yang mendahului dan menyadarkan diri yang banyak kekurangan ini, bahwa semua tempat adalah ruang belajar yang luas apabila kita memposisikan diri. []

oleh:
Muhammad Idham C.
(Mahasiswa Pertanian UNS)

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration