Gerakan Mahasiswa Menghafal Al-Qur’an Universitas Sebelas Maret (GEMMA UNS), mengadakan Talkshow dan Silaturrahim Akbar antar para penghafal Qur’an di lingkungan kampus UNS yang diadakan pada hari Ahad, 8 september 2013 pagi. Bertempat di Ruang Seminar Masjid Nurul Huda UNS diikuti sebanyak 160 peserta putra putri mahasiswa UNS dengan menghadirikan empat pembicara yang hafal Qur’an, diantaranya Ust. Umar Faruq Abu Bakar, Lc. Al Hafizh (Mahad Ibnu Abbas, Klaten), Ust. Asep Maulana Al Hafizh (PPQ Al Mahir, Solo), lulusan Teknik Sipil UNS angkatan 2009, Muflih Arisa Adnan, S.T. Al Hafizh dan Mahasiswa D3 Teknik Sipil 2013, Jundullah Al Faruqi. Dalam acara ini juga dihadiri oleh Bapak Rektor UNS, Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S., Bapak Pembantu Rektor I (PR I), Prof. Drs. Sutarno, M.Sc. Ph.D., Ketua Takmir Masjid Nurul Huda UNS, Dr. Eng. Ir. Syafi’i, M.T., para dosen PAI UNS dan Aufa, siswa PPTA Ibnu Abbas Klaten yang pernah meraih juara ke 5 lomba Tahfizh tingkat Nasional.

Diawalai dengan tasmi’ Al Qur’an dari mahasiswa baru 2013 Pendidikan Dokter FK UNS, Humammuddin yang juga hafal 30 juz. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Bapak Rektor, yang dalam sambutannya beliau memperkenalkan satu persatu jajaran dosen PAI serta para hafizh-hafizhah mahasiswa UNS yang berkenan hadir. Lalu beliau juga menyampaikan harapan beliau, bahwa semoga GEMMA menjadi salah satu program unggulan UNS, agar perguruan tinggi tidak hanya menfasilitasi mahasiswa dari sisi akademik saja, tapi juga untuk menghafal al qur’an. Beliau sudah pernah menyampaikan ini kepada Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, dan akan diterapkan dulu di UNS, apabila sudah terbentuk konsepnya, maka dapat ditiru dan diadakan juga di perguruan tinggi lain.

Dalam kesempatan tersebut, beliau juga menyampaikan bahwa pada jalur masuk penerimaan mahasiswa baru UNS, baik lewat sbmptn atau yang lain, akan diberikan bobot lebih tinggi pada calon mahasiswa yang menyertakan surat keterangan hafal al qur’an, minimal 15 juz. Pada tahun pertama program ini diterapkan, terdapat 3 penghafal al qur’an yang diterima di UNS, pada tahun kedua ada 5 penghafal, dan pada tahun ketiga ada 4 penghafal. Diharapkan seterusnya akan lebih banyak lagi penghafal al qur’an yang terfasilitasi di UNS sehingga bisa ikut membawa UNS menjadi lingkungan yang kondusif untuk lebih dekat dengan Al Qur’an. Setelah memberi sambutan kepada para peserta Talkshow GEMMA, beliau menyempatkan foto bersama dengan para huffazh, 7 putra dan 2 putri yang hadir dalam acara ini.

Dalam acara ini, para pembicara menyampaikan perjalanan mereka masing-masing dari nol untuk menghafalkan al-Qur’an sebanyak 30 juz dengan keterbatasan dan kesibukan, ada yang

sebagai mahasiswa, pengajar dan pelayan di pondok pun mereka tetap optimis untuk bisa mengkhatamkan (hafal) Al-Qur’an. Salah satu pembicara yaitu Ust. Asep Maulana yang hanya dalam waktu setahun beliau bisa hafal Al-Qur’an dengan kesibukan beliau melayani pondok, “asalkan Al-Qur’an tidak dijadikan sampingan maka insyaAllah dengan mudah kita bisa hafal Al-Qur’an” karena “Sungguh Kami telah jadikan Al-Quran mudah diingat, maka adakah orang yang mengingatnya”. (QS. Al-Qomar : 17).

Al Qur’an itu adalah memori yang akan kita simpan dalam otak, jangan sampai ketika kita menghafal Al-Qur’an tapi bacaan kita masih ada kesalahan, baik makharijul huruf dan hukum tajwidnya karena jika seperti itu sama saja kita menyimpan memori yang salah dari bacaan Al-Qur’an dan itu sulit untuk memperbaikinya, maka sangat diwajibkan sebelum memulai menghafal, terlebih dahulu belajar Tahsin, penuturan dari alumnus Al-Azhar Kairo Mesir, Ust. Umar Faruq Abu Bakar, Lc. Al Hafizh.

Pada kesempatan ini pula, ada pemberian reward dari pengurus GEMMA kepada peserta terbaik dari setiap kelas Tahsin dan Tahfizh putra putri, dengan harapan bisa semakin ditingkatan prestasinya dan menjadi motivasi bagi para peserta lainnya. Acara ini ditutup dengan pembacaan doa dari pengasuh PPQ Al-Mahir Solo, Ust. Asep Maulana Al-Hafizh.

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration