Sebagian orang ada yang dapat berkonsentrasi untuk belajar dalam waktu yang cukup lama, tetapi ada juga yang tidak. Sekalipun begitu, kita pasti bisa memusatkan pikiran pada sesuatu yang benar-benar kita minati. Kita juga bisa meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi bila kita sungguh-sungguh berusaha untuk berkonsentrasi. Caranya :

1. Menghilangkan Sementara Pikiran Berat dan Tugas
Sebaiknya kita kerjakan dulu semua tugas dan PR yang ada, sehingga pikiran tentang tugas tidak memecah konsentrasi saat belajar.

2. Pikirkan Manfaat Belajar untuk Masa Depan
Kita boleh saja sejenak berandai-andai jika suatu saat nanti kita akan jadi orang sukses, berpenghasilan besar, dll. Kita tau kan bahwa belajar dan bekerja keras akan membuat kita mudah mencapai kesuksesan yang diimpikan? Nah, setelah mengimpikan hal-hal tersebut, maka kembalilah dan berusahalah untuk mewujudkannya

3. Jangan Terlalu Capek
Usahakan hindari hal-hal yang kurang bermanfaat serta dapat membuat kita merasa kecapekan. Karena fisik yang lelah akan membuat kegiatan belajar tidak efektif. Alangkah baiknya jika kita bisa menyisihkan sedikit waktu untuk tidur siang, supaya pikiran kita bisa fresh kembali.

4. Posisi Belajar Yang Pas
Mulai sekarang cobalah untuk menghindari belajar sambil tiduran, jalan-jalan, dll. Sebaiknya kita belajar di meja belajar dan usahakan kita memposisikan diri kita senyaman mungkin saat belajar.

5. Tempat yang Tenang dan Nyaman
Hindari tempat-tempat bising yang dapat merusak konsentrasi belajar. Bila perlu kuncilah kamar saat belajar, sehingga kalian bebas dari gangguan saat belajar. Tapi ingat beritahu orang tua kalian dulu ya kalau kalian akan belajar di dalam kamar.

6. Cari Tahu Metode Belajar Yang Tepat
Ada orang yang merasa belajar akan lebih efektif dengan mendengarkan musik, belajar menggunakan gambar-gambar, bahkan ada yang dengan melihat angka-angka saja bisa membuat mereka lebih semangat belajar. Nah, sebaiknya kita mengenali metode belajar mana yang sesuai dengan diri kita.

7. Strategi Menghafal Materi Pelajaran
Sebaiknya kita juga bisa membuat ‘Mind Map” di setiap awal bab pelajaran. Hal itu akan mempermudah kita untuk belajar secara lebih sistematis dan efisien. Kita juga bisa menggunakan singkatan-singkatan tertentu dari apa yang harus kita hafalkan. Metode ini juga sering digunakan di lembaga bimbingan belajar.

8. Istirahat / Break Jika Lelah
Jika badan sudah merasa lelah di tengah-tengah belajar, sebaiknya jangan dipaksakan. Istirahatlah sejenak untuk me-refresh pikiran. Setelah merasa lebih segar, kita bisa melanjutkan belajar kembali.

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration