Surakarta-Jama’ah Nurul Huda Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (JN UKMI) UNS bekerjasama dengan Rumah Zakat mengadakan acara Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi bagi mahasiswa umum baik yang berada didalam kampus maupun luar kampus UNS selama masih dalam wilayah Solo Raya pada Ahad, 28 April 2013. Acara yang diadakan di ruang seminar Nurul Huda Islamic Centre (HNIC) tersebut berlangsung sejak pukul 13.00-17.00 WIB.

Dalam pelatihan tersebut, didatangkan dua orang narasumber yakni Eka Hari Wibawa, wartawan dari Metro TV dan Maulana Surya, fotoghrafer dari Solopos. Tidak hanya sebagai ajang pelatihan jurnalistik dan fotografi saja, dalam acara tersebut juga menjadi moment untuk melaunchingkan Syiar Media Academy (SMA) JN UKMI UNS sekaligus perekrutan relawan Rumah Zakat.

“Menulis adalah sebuah upaya menguasai dunia. Jika kita mengaku muslim sejati, maka gemarlah untuk menulis.” Kata Muhammad Hasan Cahya Pamungkas, selaku Ketua Umum JN UKMI UNS 2013 menyampaikan sambutan singkatnya dalam acara tersebut.

Memasuki acara inti, pembicara pertama yakni Eka Hari Wibawa mempresentasikan tentang jurnalisme. Dalam pembahasannya, beliau menyampaikan bahwa “Untuk menjadi jurnalis, seseorang perlu memiliki kecerdasan yang optimal, mental yang kuat, dan siap miskin” karena dalam menjalankan tugas sebagai jurnalis, seseorang harus siap menghadapi berbagai kemungkinan yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Peserta semakin antusias, sebab beliau juga beberapa kali menceritakan pengalaman-pengalamannya yang inspiratif selama menjadi seorang jurnalis di Metro TV.

Setelah istirahat dan sholat ashar, acara dilanjutkan dengan pembicara yang kedua, yakni Maulana Surya. Dalam presentasinya mengenai fotografi, beliau menjelaskan tentang kamera SLR (Single Lens Reflect) yang biasa digunakan oleh para fotoghrafer pemula, berikut komponen-komponen yang ada di dalamnya serta menjelaskan tentang berbagai teknik pengambilan foto yang sering digunakan oleh para fotoghrafer. Selain itu beliau juga sempat menampilkan karya fotografinya kepada peserta, sehingga semakin menambah antusiasme dari peserta itu sendiri.

Selesai dari dua pelatihan jurnalistik dan fotografi, acara dilanjutkan dengan presentasi dari Rumah Zakat tentang open recruitment relawan Rumah Zakat. Kemudian dilanjutkan pula dengan Grand Opening Syiar Media Academy oleh Koordinator Departement Multimedia Muhammad Ichwan Rosyid. Pada Grand Opening tersebut, sedikit banyak dijelaskan tentang apa itu Syiar Media Academy, jenis-jenis pelatihan yang akan diberikan, serta bentuk follow up dari masing-masing pelatihan yang diberikan.

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration