Oleh : Muhammad Hasan Cahya Pamungkas (Ketua Umum JN UKMI UNS 2013)

Kesabaran diuji ketika akan berangkat menuju Surabaya. Ternyata kereta yang akan membawa kami delay sekitar satu jam. Tapi tak masalah, itu adalah test dariNya untuk kami.

Laju kereta mengiringi perjalanan indah kami dari kota bengawan menuju kota pahlawan,. Terselip sebuah kata-kata yang kutulis dilorong penghubung kereta.

ini adalah awal

bagaimana perjumpaan demi perjuangan

bagaimana kesempatan demi perubahan

bagaimana pengorbanan demi perbaikan

sekumpulan pemuda dari berbagai penjuru

bersatu,bersama,berkorban,bertekad

berjuang,bercita cita,berharap

memantaskan diri

menjadi generasi emas

menjadi tokoh perubahan

menjadi pelaku perjuangan

menjadi pioner peradaban

demi untuk

membuat bumi pertiwi ini tersenyum

mewujudkan Indonesia Madani

(Rapimnas FSLDK)

Bertemu dengan banyak orang ketika kumulai memilih berdiri dilorong penghubung gerbong. Mahasiswa, pekerja pabrik,dirut perusahaan swasta,pedagang asongan menjadi jaringan baru.

Bertemu dengan sahabat dari Riau, akh Alfan dikereta menjadi hal awal dalam perjalanan ini. Beliau yang selalu akrab dengan kami dari awal sampai akhir rapimnas ini.

Adzan shubuh menjadi sambutan kedatangan kami di asrama haji Sukolilo Surabaya. Sejenak melepas lelah dengan menghadap padaNya. Segera saja kami menuju penginapan dan disambut uluran hangat dan senyum khas para aktivis. Kami tahu, mereka sangat lelah tapi mereka tetap memberikan totalitas sambutan bagi kami, JANUR UNAIR.

Dan akhirnya Sekamar dengan kawan puskomda Cirebon, puskomda bali, puskomda madiun. Mereka kocak dan asyik.

Pukul 07.00

Semua peserta berkumpul didepan gedung kamar  untuk diberi pengarahan dan teknis pemberangkatan. Dan tak lupa ini jadi momentum untuk menyapa semua kawan dari seluruh Indonesia. Medan, Palembang, kaltim, kalbar, ntt, dan lainnya.

Solo memang beda, prinsip itsar kami berbuah manis. Kami memang sengaja untuk mendahulukan teman teman yang lain untuk berangkat karena terbatasnya jumlah bus. Dan ternyata, kami malah diberi tawaran naik mobil panitia oleh akh fajar. Tanpa pikir panjang kami mengiyakan. Perkenalan sejenak dengan akh fajar yang menjadi coordinator LO di rapimnas ini dan beliau adalah lulusan pondok tahfidz isy karima, pondok yang dahulu ku impikan. Teman yang lain tak menyangka beliau adalah seorang hafidz. Hafidz, pakiannya modern, dandanannya seperti anak gaul,dan pastinya punya mobil, tapi komitmen murajaah hafalan, subhanallah.

Kami dibawa kekampus A UNAIR. Terhampar danau buatan yang dinikmati warga surabaya. Sambil menunggu persiapan panitia, kami memanfaatkan waktu untuk menyapa satu persatu semua kawan kawan. Berjumpa mas Edy, sang ketua Puskomnas, Akh adit komisi A, dan banyak lagi.

Sampai di Fakultas Kedokteran Unair lebih tepat di Auditorium Graha BIK-IPTEKDOK FK. Antri menunggu registrasi.

Dari atas tangga sebelah registrasi ada sosok yang sangat kukenal. Tampak gagah kulihat dengan paduan jas dan pakaiannya .Sosok itu pun lari dari atas menghampiriku. Tanpa pikir panjang aku pun juga segera berlari. Pelukan erat dan lama menjadi tanda luapan kebahagiaan kami setelah hampir dua tahun tidak bertemu. Lama kami melepas rasa rindu. Akh Faqih Addien AlHaq, sahabat ku ketika SMP yang saat ini menjadi Sekjend JANUR UNAIR 2013 dan Ketua Panitia Rapimnas FSLDK.

Panggilan panitia kepada faqih mengakhiri pelukan kami. Dia pun segera beranjak dan berpesan padaku,” sek,tunggu bentar”. Masih pengen banyak ngobrol dengan beliau. Selesaikanlah Surabaya, kita bangun jawa tengah kawan, harapku padanya.

Acarapun dimulai dengan panggilan satu persatu masing – masing puskomda untuk memasuki ruangan. Setelah itu pula para peserta disambut dengan karawitan UNAIR. Satu lagi kulihat sosok yang kukenal dari jauh. Ya, benar, beliau akh fahmi Ketua LDK JANUR UNAIR 2013. Orang solo lainnya yang berperan penting dalam Rapimnas kali ini.

Setelah itu ada pembukaan dari pembawa acara dilanjutkan dengan tasmi’ oleh Akh fajrin adnan. Suasana syahdu menyelimuti ruangan. Sejuk dan damai rasanya mendengar lantunan Kalamullah tersebut. Keheningan berubah ketika semua peserta bersama-sama menyanyikan lagi Indonesia raya. Aku pun meletakan tanganku diatas dada layaknya pemain Timnas.hehe

Kembali merenung dengan acara teatrikal puisi karya jalaludin rumi. Sedikit menjadi bahan instrospeksi diri.

Yang kutunggu, sambutan seorang sahabat dan orang solo untuk Indonesia, Akh Fahmi selaku ketua LDK JANUR UNAIR. Disusul sang ketua PUSKOMNAS mas Edy.(afwan mas banyak bercanda denganmu,hehe), Prof.Nasich selaku Pembantu Rektor 2 , dan yang terakhir adalah oleh Sekda Provinsi Jawa timur, pak Rasyio.

Beberapa pesan beliau yang kuingat seorang mahasiswa muslim harus mempunyai aspek spiritual, perilaku, morality, intelegensi, dan kepekaan. Dan harapan dari beliau yang mungkin harus kita wujudkan,”aktivis dakwah yang lulus ya harus hafal beberapa juz”.

Pembukaan ini ditutup dengan penampilan kocak dari grup nasyid Andalusia.

13.30

Training jurnalistik oleh Jusman dalle.

Memaparkan kenapa,apa,bagaimana,kapan,dimana,dan siapa yang berkaitan tentang kepenulisan. Semua dijelaskan dan setidaknya ada tiga alasan kita harus menulis

  1. Alasan ideology. Berkaitan dengan pewarisan dalam bentuk teks yang tidak akan dimakan jaman.
  2. Alasan ekonomi. Motif mencari uang
  3. Alasan social. Untuk masyarakat.

Intinya, media akan mengubah peta dakwah. Tulisan akan menjadi cara kita berdakwah. So,lakukanlah.

Yah, itu hari pertama dalam rangkaian rapimnas kali ini. Tunggu cerita selanjutnya.

bersambung

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration