Suriah, sebuah negara kecil didaratan timur tengah masih bergejolak. “Perang saudara antara warga Sunni dan Syiah telah membuat banyak warga sipil menjadi korban terluka bahkan kehilangan nyawa. Sudah lebih dari 90 ribu orang yang tewas, serta hampir satu juta warganya mengungsi ditenda-tenda darurat dengan sanitasi yang alakadarnya”. Tutur Yayad, salah seorang relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Indonesia yang pada hari Kamis 7 Maret 2013 lalu menyambangi kampus UNS dalam rangka roadshow kemanusiaan untuk solidaritas Suriah.

Bekerjasama dengan Jamaah Nurul Huda Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (JNUKMI) UNS, aksi kemanusiaan untuk solidaritas Suriah itu dilaksanakan di masjid Baitul Makmur Fakultas Pertanian UNS. Acara yang dihadiri oleh kalangan mahasiswa muslim di UNS itu berlangsung mulai pukul 16.30 sampai menjelang waktu maghrib.

Acara sepenuhnya diserahkan kepada tim ACT Indonesia, diawali dengan sebuah tayangan video dokumenter mengenai kondisi saudara-saudara kita dibelahan bumi bagian Suriah, sebuah video yang menggambarkan betapa menyedihkannya warga Sunni yang menjadi korban, baik itu korban dengan luka ringan, berat atau bahkan kehilangan nyawa. Menyedihkan saat anak-anak kecil harus kehilangan orangtua mereka, atau sebaliknya para orangtua yang harus kehilangan anak-anak yang mereka cintai. Kehilangan dengan cara yang tragis dan belum mereka bayangkan sebelumnya. Warga-warga yang masih hidup pun, harus bertahan hidup dengan kondisi yang apa adanya. Tempat tinggal yang kurang nyaman, ketersediaan obat-obatan dan makanan yang kurang, disisi lain mereka juga harus berbagi dengan sesama pengungsi, membuat kondisi disana semakin memprihatinkan.

Oleh karena itu aksi kemanusiaan untuk solidaritas Suriah dari ACT Indonesia dan bekerjasama dengan JN UKMI UNS mengajak segenap mahasiswa yang hadir pada acara Kamis sore itu untuk turut serta membantu saudara-saudara kita di Suriah, saudara yang dipersatukan oleh Islam. Inisiatif yang muncul untuk dapat membantu saudara-saudara kita di Suriah adalah dalam bentuk penggalangan dana yang dilakukan selama acara berlangsung. Dalam penggalangan dana tersebut, Alhamdulillah mampu terkumpul sebanyak Rp 773.700. Donasi dari para mahasiswa yang hadir di masjid Baitul Makmur yang telah menyisikan rizki untuk saudaranya di Suriah.

Bantuan yang dapat diberikan dalam bentuk penggalangan dana itu nantinya melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Indonesia ‘care for humanity’ akan diserahkan ke saudara-saudara kita di Suriah baik dalam bentuk sandang, pangan, maupun obat-obatan. Selain dalam bentuk dana, kita sesama saudara sudah selayaknya untuk tetap saling mendoakan. Terlebih bagi saudara-saudara kita yang berada di Suriah sana, seperti yang kita ketahui saat ini mereka sedang mengalami kesulitan dan kesakitan yang tidaklah ringan. Mendoakan untuk keselamatan dan kedamaian bersama dalam naungan agama Islam, yang menjadi rahmat bagi semesta alam.

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration