“Wahai anak adam, sesungguhnya kami telah menurunkan kepada kalian untuk menutupi aurat kalian dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda keku asaan Allah. Mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (Al-A’raf:26)

Dandan?

Pekerjaan yang sangat melekat pada wanita.  Dengan berdandan wanita akan lebih cantik. Secara alamiah wanita mempunyai rasa agar terlihat selalu cantik, jadi dandan sesuatu kebiasaan yang sering dilakukan oleh para wanita dan itu merupakan fitrah.  Namun, ikhwatifilllah ada suatu batasan-batasan tertentu yang telah digariskan dalam islam yang perlu ditaati terutama  oleh para wanita. Seperti bersolek di depan suami, orang tua atau teman-teman sesama wanita maka hal ini tidak mengapa, tetapi wanita muslim sekarang umumnya bersolek dan menampakkan sebagian anggota tubuh serta perhiasan di tempat-tempat umum. Padahal di tempat-tempat umum banyak terdapat laki-laki non mahram yang akan memperhatikan mereka dan keindahan yang ditampakkannya. Seperti itulah yang disebut dengan tabarruj model jahiliyah, sikap seperti ini telah dilarang dalam islam.

Allah berfirman: ” Dan janganlah kalian berhias dan bertingkah laku (bertabarruj) seperti orang-orang jahiliyyah yang dulu.” (Al-ahzab: 33).
Tabarruj dapat didefiniskan dengan memperlihatkan kecantikan dan menampakkan keindahan tubuh dan kecantikan wajah. Jadi, untuk menghilangkan tabarruj dalam diri sendiri, yaitu jangan terlalu bersolek berlebihan yang dapat memperlihatkan kecantikan wanita dan menutupi aurat agar terhindar dari menampakkan keindahan tubuh tersebut. Ayat lain yang melarang untuk tabarruj dalam surah Al- A’raf : 26 artinya :” Wahai anak adam, sesungguhnya kami telah menurunkan kepada kalian untuk menutupi aurat kalian dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (Al-A’raf:26).

Kejelekan tabarruj:

Beberapa akibat dan bahaya tabarruj:

Wanita-wanita yang melakukan Tabarruj berlomba-lomba menggunakan perhiasan yang diharamkan untuk menarik perhatian kepadanya. Sesuatu yang justru akan merusak akhlak dan harta serta menjadikan wanita sebagai barang hina yang diperjualbelikan, dan di antara bahayanya adalah:

1) Pelakunya mendapat adzab dari Allah

Rasullulla SAW bersabda: “ Ada dua kelompok penghuni neraka yang belum pernah aku melihatnya, yaitu : Suatu kaum yang bersamanya cambuk seperti ekor sapi yang digunakannya untuk mencambuk orang-orang, dan wanita-wanita bertelanjang, genit, kepalanya seperti punuk unta yang miring, mereka tidak akan masuk surge, tidak juga mencium bau surga, sesungguhnya bau surga tercium dari jarak ini dan itu.”(HR.Muslim).

2) Rusaknya akhlak kaum lelaki khususnya para pemuda yang terdoron g melakukan zina yang diharamkan ini.

3) Mencelakakan diri wanita sendiri, karena Tabarruj itu menunjukkan niat jelek dari apa yang ia suguhkan untuk menggoda orang-orang jahat dan bodoh.

4) Tersebarnya penyakit, seperti sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam :
“Tidaklah suatu perbuatan zina itu nampak pada suatu kaum hingga mereka mengumumkannya kecuali akan tersebar di antara mereka penyakit menular dan penyakit-penyakit lain yang belum pernah ada pada orang-orang dulu.”

So,, jadi wanita yang selalu mengikuti batasan-batasan syar’ie agar terhindar dari bahaya itu semua.

Wallahua’lam bisshowab

thời trang trẻ emWordpress Themes Total Freetư vấn xây nhàthời trang trẻ emshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữHouse Design Blog - Interior Design and Architecture Inspiration